Cinta yang Harus Bertumbuh
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Cinta yang Harus Bertumbuh

Terbit 24 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Anak / cinta / Hadits / Istri / Keluarga / Parenting / suami / tumbuh


BANYAK orang menganggap keluarga itu statis, seakan akan semua selalu berada dalam keadaan yang sama. Padahal keluarga itu adalah sebuah dunia yang sangat dinamis.

BACA JUGA: Ayah Bunda, Tunjukkanlah Rasa Cinta pada Anak-anakmu

Saya sering menyebut keluarga sebagai “organisme hidup”, yang memiliki ciri pertumbuhan dan perkembangan. Setiap hari ada yang baru, setiap saat ada yang berubah, setiap hari ada yang tumbuh dan berkembang.

Suami mengalami pertumbuhan dan perkembangan, isteri mengalami pertumbuhan dan perkembangan, demikian pula anak-anak.

Oleh karena semua mengalami pertumbuhan dan perkembangan, maka corak interaksi dan komunikasi di antara mereka juga harus selalu menyesuaikan dengan perubahan-perubahan tersebut.

Termasuk janji, kesepakatan dan komitmen yang pernah dibuat di antara suami dan isteri, tidak bisa diberlakukan sepanjang hayat, selama-lamanya. Semua harus menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang selalu muncul sepanjang perjalanan kehidupan berumah tangga.

Pada keluarga yang telah menapaki umur pernikahan selama duapuluh tahun, maka kondisi suami dan isteri tersebut saat ini jelas berbeda dengan duapuluh tahun lalu saat menjadi pengantin baru.

Anda bisa membayangkan dan membuat daftar panjang, apa sajakah yang berubah dari seseorang laki-laki maupun perempuan setelah melampaui waktu duapuluh tahun? Fisik tentu banyak berubah, seperti berat badan, bentuk tubuh, warna rambut, keriput kulit dan lain sebagainya.

Namun harus diingat, yang berubah setiap hari bukan hanya fisik. Pikiran, perasaan, selera, keinginan, dan kondisi kejiwaan juga berubah. Tidak pernah tetap, selalu ada kebaruan karena bertambahnya pengalaman dalam kehidupan.

Bahkan kakek dan nenek yang sudah berusia tua, kakek berumur 85 tahun, nenek berumur 80 tahun, sudah menjalani hidup berumah tangga selama 60 tahun, tetap saja ada yang baru dari kehidupan mereka.

BACA JUGA: Ketika Ada Wanita lain yang Mencintai Suamimu

Oleh karena adanya pertumbuhan dan perkembangan itulah, maka diperlukan saling pengertian antara suami dan isteri. []

SUMBER: CAHYADITAKARIAWAN



Source link

SebelumnyaBenarkah Bayi Menangis Bisa Kuatkan Paru-Paru? – Islampos SesudahnyaMengapa Banyak Manusia yang Kufur Nikmat?

Berita Lainnya

0 Komentar