Cara Menghilangkan Karang Gigi secara Alami
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Cara Menghilangkan Karang Gigi secara Alami

Terbit 20 November 2020 | Oleh : Admin | Kategori : alami / Gigi / Hadits / Karang / Karang gigi / Tahukah Anda


GIGI dan mulut merupakan salah satu organ dalam sistem pencernaan yang harus dijaga kebersihan dan kesehatannya dengan baik. Bukan tanpa alasan, organ ini menjadi bagian pertama yang melakukan kontak langsung dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa bagian mulut terutama gigi, rentan terdapat kotoran dari sisa-sisa makanan dan minuman.

Ketika gigi tidak dibersihkan dengan baik dan teratur, maka kotoran dari sisa-sisa makanan tersebut akan menempel dan bertahan di sela-selanya, atau disebut juga dengan plak gigi. Semakin lama plak gigi yang kian menumpuk dam tidak dibersihkan secara sempurna, maka akan mengeras dan menjadi karang gigi. Kondisi lebih parah, karang gigi bisa menjalar dan menyebabkan radang pada gusi.

BACA JUGA: Saat Nabi Musa Sakit Gigi

Bukan hanya itu, munculnya karang gigi juga dapat mengganggu penampilan. Gigi menjadi terlihat kotor dan tidak sehat. Bahkan bagi sebagian orang, munculnya karang gigi bisa mengurangi rasa percaya diri karena bau mulut yang ditimbulkannya. Tapi tidak perlu khawatir, terdapat bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi bahkan membersihkan karang gigi. Bahan ini pun dipercaya aman dan tidak memberikan efek samping negatif.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami yang ampuh dan bisa dicoba di rumah.

Gosok Gigi Teratur 2 Kali Sehari

Menggosok gigi secara teratur 2 kali sehari, merupakan salah satu cara menghilangkan karang gigi secara alami. Bukan bahnya menghilangkan, kebiasaan menggosok gigi secara teratur juga dapat mencegah munculnya karang gigi. Tetapi perlu diperhatikan, menggosok gigi rutin saja tidak cukup. Gosok gigi juga harus dilakukan dengan benar supaya gigi bersih sempurna.

Menggosok gigi yang benar, tidak boleh dilakukan secara cepat dan terburu-buru. Idealnya gosok gigi dilakukan selama dua menit, dengan melakukan gerakan memutar dan menjangkau di setiap sela-sela gigi. Lebih mudahnya, dilakukan dengan menggunakan sikat dengan bulu yang lembut dan ramping supaya dapat membersihkan sisa-sisa kotoran hingga ke sela-sela gigi.

Menggunakan Pasta Gigi dengan Flouride

Dalam membiasakan gosok gigi, juga harus memperhatikan kandungan zat yang terdapat dalam pasta gigi. Pasta gigi yang baik adalah yang mengandung fluoride. Kandungan ini dapat memperkuat lapisan enamel gigi serta dapat mengurangi risiko pembusukan akibat makanan dan minuman asam.

Bukan hanya itu, kandungan fluoride juga berguna untuk membantu proses perbaikan gigi yang rusak secara alami. Dengan memperhatikan hal ini, cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan lebih efektif.

Flossing

Selain menggosok gigi, flossing juga bisa menjadi pilihan cara menghilangkan karang gigi secara alami. Flossing merupakan Teknik atau cara membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Cara ini dipercaya efektif dalam membersihkan plak gigi karena dapat menjangkau sela-sela gigi dengan baik.

Untuk melakukan cara ini, sebaiknya menggunakan benang yang halus dan disesuaikan dengan kondisi gigi dan gusi. Lebih baiknya, bagi anda yang tertarik mencoba cara ini, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai bahan apa yang cocok serta bagaimana melakukan teknik yang aman.

Menggunakan Mouthwash

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya juga dapat dilakukan dengan berkumur menggunakan mouthwash. Cara ini sangat efektif membersihkan sisa makanan dan membunuh bakteri pada area gigi yang sempit.

Saat sudah banyak produk-produk pembersih mulut dengan berbagai kandungan yang mampu memberikan hasil maksimal. Anda bisa dengan mudah membelinya di mini marker hingga supermarket. Untuk hasil yang memuaskan, lakukan cara ini setelah menyikat gigi atau melakukan flossing.

Menggunakan Baking Soda

Baking soda juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan karang gigi yang membandel. Bahkan diketahui, bahan ini efektif untuk menghilangkan karang berwarna kuning dan mengeras. Bukan hanya itu, baking soda pun dipercaya sebagai bahan pemutih gigi secara alami.

Caranya mudah, cukup ambil satu sendok makan baking soda lalu campurkan dengan sedikit garam. Aduk hingga rata, lalu gunakan sebagai pasta untuk menggosok gigi. Hasil akan terlihat maksimal, jika cara ini dilakukan dengan rutin.

Mengoleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga merupakan bahan alami yang bermanfaat sebagai salah satu cara menghilangkan karang gigi. Minyak kelapa mempunyai kandungan anti-inflamasi, antioksidan asam laurat, asam lemak hingga sifat antimikroba. Dari hasil penelitian, kandungan tersebut mampu membersihkan plak gigi hingga 50 persen.

Untuk melakukan cara ini, mudah saya. Memasukkan 1 sendok minyak kelapa yang sebelumnya telah dihangatkan ke dalam mulut. Gunakan minyak kelapa untuk berkumur selama 5 10 menit. Selanjutnya buang minyak kelapa ke tempat sampah atau handuk kertas.

Mengunyah Daun Sirih

BACA JUGA: 12 Bahan Alami yang Bisa Putihkan Gigi

Daun sirih memang sangat dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tidak jarang, kita masih menemui kakek nenek dengan gigi yang masih lengkap juga terlihat bersih dan sehat hanya karena kebiasaannya mengunyah daun sirih.

Cara menghilangkan karang gigi satu ini cukup mudah dilakukan. Tidak rumit, Anda hanya tinggal mengambil selembar daun sirih untuk dikunyah secara langsung. Bisa juga ditambahkan dengan 1 batang cengkeh haluskan sedikit lalu bisa segara dikunyah. []

SUMBER: MERDEKA



Source link

SebelumnyaSuami Istri, Bolehkah Mandi Bersama? SesudahnyaLamaran Ditolak, Pria Hindu Bakar Hidup-hidup Seorang Gadis Muslim di India – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar