Cara Mengendalikan Nafsu Diri Sendiri
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Cara Mengendalikan Nafsu Diri Sendiri

Terbit 24 November 2020 | Oleh : Admin | Kategori : doa / Hadits / nafsu / nafsu syahwat / Syi'ar


SETIAP manusia tentu memiliki nafsu. Hal ini menjadi wajar, jika manusia menginginkan sesuatu. Sebab, itu adalah perkara normal baginya. Baik itu menginginkan makan, minum, mempunyai pakaian, memiliki harta, bahkan memenuhi keinginan syahwat.

Nafsu syahwat tak pelak bisa menjerumuskan pada lubang kemaksiatan, khususnya zina. Bahkan, yang sudah menikah pun tak bisa dipastikan dapat terhindar darinya. Karena setan, selalu datang menggoda, agar seorang suami tertarik pada wanita lain, selain istrinya.

BACA JUGA: Kendalikan Hawa Nafsu, Ini yang Harus Diperhatikan

Inilah godaan yang sudah sepantasnya kita hindari sebab akan dapat menimbulkan bahaya bagi diri sendiri atapun orang lain. Lantas bagaimanakah cara mengendalikan nafsu diri sendiri atau nafsu syahwat yang ditimbulkan oleh godaan setan tersebut?

Cara mengendalikan nafsu diri sendiri bernama syahwat itu sedikitnya ada lima:

Doa

Doa sesungguhnya menjadi senjata bagi kaum muslimin, sebab dengan berdoalah seseorang menjadi lebih dekat kepada Allah.

Puasa

Ya, ketika begitu banyak godaan dari setan yang menjerumuskan manusia ke dalam kemaksiatan. Sebisa mungkin kita harus bisa melawannya, salah satu caranya adalah dengan berpuasa. Ketika seorang muslim hendak menikah, akan tetapi ia belum mampu. Maka solusi yang tepat bagi dirinya agar terjaga dari kehinaan ialah dengan berpuasa. Puasa mendidik manusia untuk lebih bersabar, dan tahan dalam menghadapi hawa nafsu.

Menjauhi dosa kecil

Banyak kaum muslim yang mungkin menyepelekan hal ini Mereka banyak yang hanya menghindari dosa besar saja, padahal jika ditelaah dosa kecil juga bisa berpotensi menjadi dosa besar apabila dilakukan terus menerus. Selain itu, dosa kecil juga menjadi media bagi setan untuk lebih menyesatkan manusia.

BACA JUGA: Ini 3 Tingkatan Manusia dalam Mengendalikan Hawa Nafsu

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan men-dapati kebanyakan mereka bersyukur (taat),” (QS. Al A’raf: 17).

Ketiga hal itulah yang bisa Anda lakukan agar nafsu syahwat Anda tidak begitu membelenggu diri Anda. Cobalah untuk menahan nafsu tersebut dengan melakukan lima hal itu. Jangan selalu mengikuti keinginan setan yang sudah jelas akan membawa pada jurang kesengsaraan. Lawan godaannya dan dekatilah Allah, agar kita terlindungi. []



Source link

SebelumnyaRekaman Bacaan Alquran Qari Legendaris Mesir Siserahkan ke Stasiun Radio SesudahnyaSuara Seorang Muslimah: Poligami, Itu Bukan Masalah Saya (1)

Berita Lainnya

0 Komentar