Bolehkah Menghadiri Undangan Pernikahan Orang yang Sumber Hartanya Haram?
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Bolehkah Menghadiri Undangan Pernikahan Orang yang Sumber Hartanya Haram?

Terbit 19 February 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / Kolom / Nikah / pernikahan / pesta pernikahan / undangan pernikahan / walimatul ursy
Bolehkah Menghadiri Undangan Pernikahan Orang yang Sumber Hartanya Haram?


MENURUT pendapat yang paling shahih (ashah) di kalangan Syafi’iyyah, hukum menghadiri undangan perkawinan (walimatul ‘urs) adalah fardhu ‘ain. Namun, ada beberapa keadaan yang menyebabkan hukum menghadirinya menjadi tidak wajib lagi.

Di antaranya adalah, jika orang yang mengundang ini mayoritas hartanya haram, maka makruh hukumnya menghadiri undangannya.

Sedangkan jika diketahui bahwa makanan yang disajikan pada walimatul ‘urs itu sendiri berasal dari harta yang haram, maka haram hukumnya menghadiri undangan tersebut.

BACA JUGA: Tidak Menghadiri Undangan Walimah dengan Sengaja, Bolehkah?

Meskipun ia tidak memakannya, karena hal tersebut dianggap dukungan terhadap kemaksiatan.

Adapun orang yang mayoritas hartanya tidak haram, namun terdapat syubhat di dalamnya, maka hukum menghadiri undangannya adalah mubah, tidak wajib, juga tidak sunnah.

Wallahu a’lam. []

Rujukan: Hasyiyah Al-Bajuri ‘Ala Syarh Al-‘Allamah Ibn Qasim Al-Ghazzi, karya Syaikh Ibrahim bin Muhammad Al-Bajuri, Jilid 3, Halaman 432 & 437, Penerbit Dar Al-Minhaj, Jeddah, Saudi Arabia.

Oleh: Muhammad Abduh negara



Source link

SebelumnyaDahsyatnya Keutamaan Puasa Ramadhan – Islampos SesudahnyaTerinspirasi Tokoh Wanita Berprestasi dalam Sejarah, Ini Rekomendasi 5 Nama Bayi Perempuan Muslim

Berita Lainnya

0 Komentar