Bisa Perkuat Imun Hingga Cegah Kanker, Ini Sederet Manfaat Seledri bagi Kesehatan
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Bisa Perkuat Imun Hingga Cegah Kanker, Ini Sederet Manfaat Seledri bagi Kesehatan

Terbit 2 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / Kesehatan / manfaat seledri / manfaat seledri bagi kesehatan / Sayuran / seledri / vitamin c


SELEDRI sudah tidak asing lagi bagi kita. Tanaman yang memiliki batang panjang berserat ini umumnya dimakan sebagai camilan karena nilainya rendah kalori atau sebagai bahan sayuran. Seledri paling sering ditemukan dalam sup, salad, bakso atau sebagai hiasan untuk hidangan tertentu.

Tanaman ini sekarang dibudidayakan secara global dan merupakan bagian dari setiap masakan dari Amerika dan Irlandia hingga Jepang dan Australia.

BACA JUGA: Jarang Diketahui, Inilah 6 Manfaat Kesehatan di Setiap Gerakan Shalat

Menurut Database Nutrisi Nasional USDA, dalam 100 g seledri mentah mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, besi, seng, dan kalium. Vitamin dalam seledri termasuk vitamin A, K, C, E, dan vitamin B (thiamin, riboflavin, asam folat, vitamin dan vitamin B6). Karenanya seledri memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, selain bisa menyedapkan makanan.

Mengutip Intisari, berikut beberapa manfaat seledri bagi kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

seledri kaya akan vitamin A dan C serta antioksidan sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya lebih aktif dan efisien.

Mengonsumsi sayuran kaya vitamin C ini secara teratur dapat mengurangi risiko terkena flu biasa, serta melindungi tubuh dari beragam penyakit lain.

Mengurangi gejala asma

Vitamin C yang ada dalam seledri mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi keparahan kondisi peradangan seperti asma.

Bukti dari Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa vitamin C mungkin memiliki “efek perlindungan pada saluran udara pasien dengan asma yang disebabkan oleh olahraga.”

Mengurangi tekanan darah

Seledri mengandung senyawa kimia organik yang disebut phthalides. Senyawa ini dapat menurunkan tingkat hormon stres dalam darah.

Lebih dari itu, ekstrak biji seledri telah menunjukkan sifat antihipertensi, yang berarti dapat membantu mengatur tekanan darah tinggi.

Menurunkan tingkat kolesterol

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Pertanian dan Kimia Pangan menunjukkan bahwa serat yang ditemukan dalam seledri dapat membantu mengurangi kolesterol yang menyumbat arteri (disebut LDL atau kolesterol jahat).

Phthalides dalam sayuran ini juga merangsang sekresi cairan empedu, yang berfungsi mengurangi kadar kolesterol. Lebih sedikit kolesterol berarti lebih sedikit plak pada dinding arteri dan peningkatan kesehatan jantung secara umum.

Mencegah infeksi saluran kemih (ISK)

Biji seledri membantu menghilangkan asam urat karena umumnya digunakan untuk sifat diuretiknya, yang berarti ia merangsang buang air kecil. Oleh karena itu, itu baik untuk orang dengan gangguan kandung kemih, masalah ginjal, sistitis, dan kondisi serupa lainnya.

Biji seledri juga membantu mencegah infeksi saluran kemih pada wanita. Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa ekstrak seledri juga memiliki efek antibakteri yang berpotensi untuk mencegah ISK.

Sebuah penelitian yang berjudul “Asupan Buah dan Sayuran dalam kaitannya dengan Gejala Saluran Kemih yang Lebih Rendah dan Disfungsi Ereksi Diantara Pria Lansia Cina Selatan” mengklaim bahwa seledri juga membantu mengurangi gejala ISK pada pria.

BACA JUGA: 9 Manfaat Daun Mint yang Luar Biasa

Tonik saraf

Seledri mengandung kalsium dan magnesium tingkat tinggi; dua mineral yang telah terbukti secara signifikan mengurangi kecemasan dan stres yang dirasakan. Selain itu, kalsium memainkan peran penting dalam memicu pelepasan neurotransmiter, yang memungkinkan otak untuk berkomunikasi dengan tubuh.

Seledri juga mengandung kumarin, yang penelitiannya terbukti memiliki potensi dalam mengobati beberapa gangguan neurodegeneratif termasuk Alzheimer, Parkinson, epilepsi dan banyak lagi.

Menurunkan nyeri akibat radang sendi

Seledri sangat bagus untuk orang yang menderita radang sendi, rematik, dan asam urat. Ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit di sekitar sendi.

Ekstrak seledri, yang mengandung 85% 3-n-butylphthalide (3nB), efektif dalam memberikan bantuan dari arthritis dan nyeri otot.

Karena seledri bertindak sebagai diuretik, seledri membantu menghilangkan kristal asam urat yang menumpuk di sekitar sendi tubuh yang dapat menambah rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Tingkatkan Fungsi Ginjal

Manfaat daun seledri selanjutnya dapat bantu tingkatkan fungsi ginjal. Manfaat daun seledri untuk ginjal yang dipengaruhi oleh kandungan flavonoid ini dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan.

Menurut sebuah penelitian, flavonoid melindungi ginjal dari berbagai agen nefrotoksik yang berpotensi menyebabkan penyakit ginjal kronis dan cedera ginjal akut, seperti alkohol, nikotin, dan cadmium.

Tidak hanya itu, daun seledri juga berkaitan dengan kandungan flavonoid yang efektif mencegah penyakit ginjal yang berkaitan dengan hipertensi. Dengan cara menurunkan tekanan darah dan bereaksi pada parenkim ginjal. []

SUMBER: INTISARI



Source link

SebelumnyaRutin Minum Air Rebusan Pare Baik untuk Kesehatan – Islampos SesudahnyaDoa agar Terhindar dari Sifat Hasad

Berita Lainnya

0 Komentar