Bikin Badan Sehat Luar Dalam, Inilah Aneka Manfaat Daun Sirih – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Bikin Badan Sehat Luar Dalam, Inilah Aneka Manfaat Daun Sirih – Islampos

Terbit 7 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : daun sirih / Hadits / Kecantikan / Kesehatan
Bikin Badan Sehat Luar Dalam, Inilah Aneka Manfaat Daun Sirih – Islampos


MANFAAT daun sirih untuk kesehatan sudah diakui sejak lama. Daun sirih ternyata mengandung vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karotin yang tinggi. Selain itu, daun sirih juga merupakan sumber kalsium yang tinggi.

Manfaat daun sirih dapat diperoleh dengan mudah. Daun sirih tidak mahal, bahkan tanaman ini bisa tumbuh di sekitar rumah. Jenisnya ada dua, yakni daun sirih merah dan daun sirih hijau.

Berikut manfaat daun sirih merah juga daun sirih hijau untuk kesehatan:

BACA JUGA: Bikin Badan Sehat Luar Dalam, Ini Segudang Manfaat Daun Sirih Merah

1 Mengatasi bau mulut

Senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih merah akan membantu mengatasi masalah bau mulut. Kumur dengan rebusan daun sirih merah secara teratur pada pagi dan sore hari.

2 Mengobati iritasi pada mata

Daun sirih juga memiliki manfaat untuk mata. Manfaat daun sirih merah dan hijau bisa digunakan untuk mengobati mata yang merah karena iritasi berkat sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi di dalamnya.

Rebus 20 lembar daun sirih merah atau sirih hijau dan gunakan airnya yang sudah disaring untuk mencuci mata selama 10 menit.

3 Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun sirih yang satu ini tidak hanya bisa didapatkan dari daun sirih merah saja. Daun sirih hijau juga mampu meningkatkan sistem metabolisme dan sekresi pencernaan dalam tubuh, yang sangat penting untuk menurunkan berat badan.

4 Mengatasi gatal

Manfaat daun sirih hijau lainnya adalah mengatasi alergi atau masalah kulit. Caranya dengan mandi air rendaman sirih hijau. Rendam sirih hijau dalam seember air panas, kemudian tunggu sampai airnya menghangat dan pakailah untuk mandi.

BACA JUGA: 12 Cara Hilangkan Bau Badan (2-Habis)

5 Mengobati sakit kepala

Daun sirih juga mampu mengobati sakit kepala. Sebab daun sirih memiliki sifat pendinginan yang berguna untuk memberikan pengobatan instan sakit kepala.

6 Meredakan asma

Daun sirih merupakan tanaman yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bisa mencegah berbagai penyakit. Mengonsumsi air rebusan daun sirih dapat mengobati dan mencegah asma kambuh. Asma merupakan salah di antara penyakit yang ditimbulkan akibat peradangan.

7 Demam berdarah

Daun sirih juga dipercaya dapat mengobati demam berdarah. Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya butuh 30 helai daun sirih dicuci, direbus dengan 4 liter air. Setiap akan mandi, ambil seliter ramuan, beri air hangat secukupnya, lalu dipakai mandi. Lakukan beberapa hari.

8 Mengobati bronkitis

Dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun sirih yang direbus lama, diyakini mampu mengobati bronchitis. Konsumsi air ini 3 kali sehari, dan rasakan perbedaannya.

9 Mengobati pneumonia

Tidak hanya bronchitis saja yang bisa diobati dengan rutin mengonsumsi daun sirih merah. Manfaat daun sirih merah yang lain ialah mampu menjadi obat alternatif untuk pneumonia. Cukup dengan merebus 5-7 lembar daun sirih dengan air dan meminumnya secara teratur. Mengobati Penyakit Jantung Koroner

10 Mengobati penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner juga dapat diobati dengan memanfaatkan daun sirih merah. Caranya dengan menghaluskan daun sirih dengan cabai atau buah kemukus dan menambahkan bawang merah dan jintan. Endapkan campuran bumbu tersebut dengan air panas, dan kemudian meminum airnya secara rutin.

11 Mengobati diabetes

Hampir sama dengan manfaat daun sirih merah untuk mengobati tumor, kandungan yang ada dalam daun sirih merah mempu membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah. Dengan kadar gula darah yang teratur, diabetes dapat teratasi.

BACA JUGA: Manfaat Daun Sirih untuk Wajah

12 Mengobati peradangan prostat

Dengan meminum air rebusan daun sirih merah, masalah peradangan pada prostat dapat diobati. Hal ini dikarenakan kandungan tanin, saponin dan hydroxychavico dalam daun sirih merah yang mampu mengenerasi sel-sel di kelenjar prostat. Mengobati Tekanan Darah Tinggi

13 Mangatasi masalah darah tinggi

Dengan kandungan minyak alami yang ada di daun sirih merah, dan mencampurkannya dalam minuman diyakini mampu mengatasi masalah darah tinggi. Cukup dengan merebus daun sirih merah dan meminum air rebusannya dua kali sehari.

14 Mengobati pembengkakan payudara

Bagi ibu yang menyusui masalah ini merupakan masalah yang wajar. Kandungan senyawa allylprokatecol dan carvacrol mampu merenggangkan otot-otot payudara yang meradang. Caranya cukup dengan membakar daun sirih merah dan menempelkannya pada payudara selama daun masih hangat. []

SUMBER: DREAM

 



Source link

SebelumnyaInilah Cara Mendapat Syafaat Alquran di Hari Kiamat Kelak – Islampos SesudahnyaIngin Dikabulkan Semua Keinginan? Lakukan Hal Ini – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar