Biasa Makan Nasi, Ketahui Kandungan Gizi 4 Jenis Beras Ini – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Biasa Makan Nasi, Ketahui Kandungan Gizi 4 Jenis Beras Ini – Islampos

Terbit 11 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Beras / Hadits / jenis beras / Kesehatan
Biasa Makan Nasi, Ketahui Kandungan Gizi 4 Jenis Beras Ini – Islampos


Beras putih

Ilustraasi. Foto:
Agro Nigeria

Beras putih memiliki lapisan kulit yang sudah dibuang sebelumnya, makanya beras ini berwarna putih. Proses penggilan membuat beras putih berkurang kandungan zat gizinya jika dibandingan dengan jenis beras lainnya.

Beras putih juga punya beragam jenis berdasarkan bentuk bulir, yaitu:

Beras ini telah melalui proses penggilingan tiga hingga empat kali. Beras bulir panjang biasanya kurang lengket dan biasa disebut dengan beras pera. Jenis beras ini bila dimasak maka akan terasa agak keras. Jenis beras bulir panjang yaitu beras basmati, jasmine, dan doongara.

Bila dibandingkan dengan beras bulir panjang, beras jenis ini lebih lengket dan tidak terlalu pera. Jika dimasak juga lembut dan tidak keras.

Ini merupakan jenis beras paling lembut dan lengket jika dimasak. Cocok untuk dijadikan bahan dasar dari makanan seperti sushi dan sebagainya. Beras ini sering disebut sebagai beras pulen. Kandungan amilosa yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis beras yang lain, membuat beras jenis ini lebih empuk dan pulen ketika dimasak.

Amilosa yang terkandung dalam beras mempengaruhi sifat pemekaran volume beras yang kemudian menjadi nasi pulen. Beras dengan kadar amilosa yang rendah biasanya menghasilkan nasi yang tidak mudah kering. Nasi yang digunakan di Jepang biasanya menggunakan jenis beras tipe ini.

BACA JUGA: Berasal Dari Resep Kuno di Baghdad, Inilah si Manis Hais

Bahkan bentuk bulir yang berbeda-beda, mempengaruhi tingkat indeks glikemik yang dikandungnya. Beras berbulir panjang, seperti beras basmati dan doongara, memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan bulir sedang atau bulir pendek.

Namun jika dibandingkan dengan jenis beras yang lain, beras putih mengandung serat yang lebih sedikit dari pada jenis beras lain. Hal tersebut dikarenakan lapisan luar dan lapisan tengah beras yang mengandung serat tinggi telah hilang akibat proses penggilingan.



Source link

SebelumnyaKesetiaan Itu Mahal SesudahnyaLebih Kaya daripada Jeff Bezos dan Bill Gates, Inilah Sosok Muslim Terkaya di Dunia

Berita Lainnya

0 Komentar