Balas Dendam Itu Dilarang, Ini 5 Alasannya
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Balas Dendam Itu Dilarang, Ini 5 Alasannya

Terbit 3 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : balas dendam / Dendam / Hadits / Tahukah Anda


DENDAM merupakan salah satu penyakit hati yang harus dihindari. Balas dendam pun menjadi perbuatan yang dilarang dalam Islam.

Berikut ini adalah lima alasan mengapa balas dendam itu dilarang:

Termasuk perbuatan bodoh

Orang yang berbuat balas dendam bukanlah orang yang terhormat. Dawud bin Rasyid mengutip perkataan orang bijak India yang menyebut, “Saya tidak akan menang melawan orang bodoh, tetapi saya tidak akan membalas dendam.”

Dari Ibnu al-Kalabi dari ayahnya, dia mengatakan bahwa Salam bin Nawfal al-Daili adalah guru Bani Kenana. Suatu malam seseorang dari Bani Kenana keluar untuk melawan dengan pedang. Lalu dia dibawa ke hadapan Salam bin Nawfal dan bertanya soal apa yang sudah kamu dilakukan orang tersebut.

Salam mengingatkan bahwa tidak ada gunanya membalas dendam. Sebab lebih terhormat menahan amarah, dan memaafkan orang yang berbuat buruk pada kita. Justru membalas dendam adalah perbuatan bodoh karena mentoleransi atau membenamkan kebencian dalam jiwa dan hartanya.

BACA JUGA: Obat Penyembuh Dendam

Bukan perbuatan terhormat

Balas dendam itu bukan perbuatan yang terhormat. Orang bijak berkata, “Bukan kebiasaan yang terhormat untuk membalas dendam dengan cepat, dan juga bukan salah satu syarat kemurahan hati serta menghilangkan keberkahan.

Tidak diapresiasi

Orang yang melakukan balas dendam tidak perlu diberikan ucapan terima kasih dan tidak perlu dipuji. Al-Abshihi berkata, “Orang yang membalas dendam telah menyembuhkan amarahnya dan mengambil haknya. Sehingga dia tidak wajib disyukuri atas perbuatannya itu.”

BACA JUGA: Dendam, Tidak Dianjurkan!

Mengakibatkan penyesalan

Balas dendam itu akan diikuti rasa penyesalan, percayalah. Ini sebagaimana perkataan Ibnu Qayyim, “Tidak ada yang pernah membalas dendam. Jika dilakukan, penyesalan akan datang.”

Menimbulkan kebencian

Membalas dendam tidak akan mendatangkan kebaikan. Perbuatan tersebut justru menimbulkan kebencian di tengah masyarakat. []

SUMBER: ISLAMWEB

 



Source link

SebelumnyaCara Mengatasi Perasaan Was-was saat Wudhu atau Bersuci SesudahnyaLangkah-langkah Kecil yang Mengantarkanmu ke Neraka – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar