Bahaya Merebus Kembali Air Matang
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Bahaya Merebus Kembali Air Matang

Terbit 17 November 2020 | Oleh : Admin | Kategori : air / arsenik / bahaya rebus air matang / Hadits / Kesehatan / merebus air


MEREBUS air sebelum diminum tentu sudah biasa dilakukan. Meski saat ini kemunculan air galon jadi mempermudah kita mendapat air minum, namun merebus air tentu tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Sebelum diminum, air memang sebaiknya direbus terlebih dulu agar kuman atau bakteri-bakteri yang ada di dalamnya akan mati. Sehingga, kesehatan tidak akan terganggu.

Namun tak jarang kita merebus kembali air yang sudah matang. Terutama ketika ingin membuat kopi atau teh yang membutuhkan air hangat. Padahal tahukah kamu bahwa merebus air yang sudah matang itu berbahaya?

Nah, berikut beberapa bahaya kandungan kimia yang terdapat pada air yang dimasak kembali:

Arsenik

Arsenik dapat menyebabkan keracunan yang mampu melemahkan fisik secara perlahan selang waktu beberapa tahun, tergantung dari dosis arsenik yang telah masuk ke dalam tubuh. Selain itu, efek keracunan arsenik meliputi gangguan pencernaan, gangguan kulit, neuropati perifer, gangguan ginjal. Diabetes, penyakit jantung dan juga kanker.

Nitrat

Nitrat bisa ditemukan secara alami di tanah, air dan udara. Namun bahan kimia ini bisa berubah menjadi racun yang sangat berbahaya bila digunakan sebagai pengawet makanan atau saat terkena panas yang sangat tinggi seperti pada air yang mendidih.

Saat nitrat terkena suhu tinggi, maka ia akan terkonversi menjadi nitrosamine yaitu senyawa yang bersifat karsinogenik. Selain itu, nitrat juga sering dikaitkan sebagai penyebab berbagai macam penyakit seperti kanker usus, leukimia, kandung kemih, limfoma non-Hodkin, kanker ovarium, kanker tenggorokan, kenker perut dan pankreas.

Flouride

Telah banyak dilakukan penelitian mengenai konversi bahaya flouride dan keberadaannya pada air minum. Dimana faktanya adalah, memang kandungan flouride tersebut terdapat di dalam air minum dan bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan tubuh kita.

Universitas Harvard menyimpulkan hasil penelitian lebih dari 27 penelitian yang dilakukan selama 22 tahun terkait dampak paparan flouride terhadap fungsi neurologis dan kognitif pada anak-anak bahwa kandungan flouride yang ditemukan dalam air minum dapat mengakibatkan IQ rendah dikalangan anak-anak. Bahkan, hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Jurnal Ilmu Kesehatan Lingkungan.

Jadi, alangkah lebih baik Anda tidak melakukan hal itu. Kalau pun mau, rebuslah air mentah. Bukan air matang yang direbus kembali. Sebab, mencegah dari penyakit adalah hal yang lebih baik daripada mengobatinya jika sudah terkena penyakit. []

SUMBER: INSPIRADATA



Source link

SebelumnyaTurki Sukses Uji Coba Roket Berbahan Bakar Cair SesudahnyaJangan Panik, Ini Pertolongan Pertama jika Anak Anda Jatuh

Berita Lainnya

0 Komentar