Bahaya, Jangan Unduh dan Buka File PDF dengan Format Ini!
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Bahaya, Jangan Unduh dan Buka File PDF dengan Format Ini!

Terbit 24 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : bahaya / exe / Hadits / Muslimtech / pdf / unduh / virus komputer


DI zaman internet yang canggih seperti saat ini, rasanya tidak berlebihan jika mengatakan bahwa segala informasi yang ada di dunia ini bisa kalian cari dengan mudah. Tinggal klik, kita bisa membuka informasi apapun di internet.

Dengan internet, kita bisa mencari berbagai dokumen untuk mendukung aktivitas dan pekerjaan kita, misalnya dokumen untuk pembelajaran, dokumen referensi tugas dan pekerjaan, dokumen jurnal penelitian, dan banyak lagi lainnya.

BACA JUGA: Ini 7 Cara Mempercepat Internet di-HP

Meski begitu, bagi kalian yang sering mengunduh dan membuka dokumen Portable Document Format atau PDF, diharap untuk lebih berhati-hati dan waspada.

Pasalnya, jika tidak teliti, bisa saja dokumen PDF yang kalian unduh tersebut bukanlah dokumen PDF sebagaimana mestinya yang harusnya berformat *.pdf, namun justru berformat lain dan sangat berbahaya. Format apa yang dimaksud dan mengapa bisa dibilang sangat berbahaya?

Format dokumen PDF yang dimaksud adalah dokumen yang berakhiran *.exe. Lantas, mengapa bisa dibilang sangat berbahaya?

Dokumen yang berakhiran *.exe adalah file berkas palsu. Jadi bila menemukan PDF berakhiran *.exe jangan dibuka dan segera dihapus. karena itu kemungkinan virus.

Hal diungkapkan oleh Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Mabes Polri melalui akun Twitter resminya.

BACA JUGA: Tips Lindungi Komputer dari Serangan Virus

“Tahukah kamu? Jika kalian mengunduh file ‘PDF’ dan menghasilkan file yang berbentuk ‘exe’. Segera hapus karena itu adalah virus,” tulis akun SiberPolri.

Jika dokumen terlanjur dibuka, virus bisa masuk ke perangkat dan berpotensi merusak perangkat yang digunakan atau mencuri data pribadi pemilik perangkat atau bahkan mengambilalih perangkat yang digunakan. []

SUMBER: TEKNOLOGI.ID



Source link

Sebelumnya8 Kemungkinan Mengapa Allah Utus Nabi Muhammad di Tanah Arab SesudahnyaBahaya Sering Bergadang pada Anak Remaja

Berita Lainnya

0 Komentar