Bagaimana sih, Mencuci Apel yang Benar?
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Bagaimana sih, Mencuci Apel yang Benar?

Terbit 22 November 2020 | Oleh : Admin | Kategori : apel / buah / Cuci apel / Hadits / Tahukah Anda


APEL merupakan buah yang segar dimakan secara langsung ataupun diolah menjadi beberapa hidangan. Akan tetapi, apel yang terlihat bersih dan berkilau, nggak menjamin kebersihannya. Mungkin ada kotoran, bakteri ataupun pestisida yang masih menempel.

Membersihkan apel adalah cara yang aman untuk dimakan. Bahkan apel organik pun dapat menggunakan pestisida organik. Membersihkan apel dengan air sebenarnya dapat membuatnya busuk lebih cepat, simpanlah apa adanya sampai siap untuk memakannya.

BACA JUGA: Inilah 10 Buah-buahan yang Bisa Dijadikan Masker Wajah dan Cara Membuatnya

Nah, sebenarnya bagaimana sih, mencuci apel yang benar.

Jangan gunakan sabun atau antiseptik

Busa yang dihasilkan sabun mungkin akan terlihat menyenangkan jika kita sedang membersihkan sesuatu. Tetapi FDA (Food Drug Administration) dan USDA (United States Department of Agriculture) memperingatkan tentang penggunaan sabun pada produk yang kamu pakai.

Bahkan setelah dibilas, beberapa residu sabun akan diserap oleh apel. Sabun-sabun ini tentunya mengandung bahan kimia yang nggak aman untuk dimakan.

Rendam apel di larutan soda kue

Sebuah studi tahun 2017 di Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa cara terbaik untuk membersihkan apel adalah dengan merendamnya selama 15 menit dalam larutan satu sendok teh soda kue dan dua cangkir air.

Setelah direndam, kamu bisa membilasnya dengan air mengalir.

Bersihkan dengan cuka

Mencampurkan secangkir ketiga cuka dengan secangkir air, kemudian semprotkan atau usapkan pada apelmu. Setelah itu bilas apel secara menyeluruh untuk memastikan nggak ada rasa cuka yang tertinggal pada apel.

Peneliti menemukan bahwa cara ini menghilangkan 98% bakteri yang ada di apel.

Gunakan sikat

Sikat sayur dan air keran yang mengalir membantu menghilangkan banyak bakteri dan kotoran di apel. Tentunya penggunaan sikat ini lebih efektif bukan daripada hanya menggunakan air keran saja, bukan?

BACA JUGA: Apa Istimewanya Buah-buahan yang Ada di Surga?

Kupas apel yang akan dimakan

Sebagian besar pestisida dan kontaminan lainnya tetap ada pada kulit apel, jadi mengupasnya bisa membuatnya semakin aman. Ingatlah kamu masih perlu membilas apel secara menyeluruh sebelum mengupasnya. Hal ini karena alat pengupasmu dapat mencemari daging apel yang akan kamu makan. []



Source link

SebelumnyaSudah Bersedekah, tapi Tak Diajak Bicara oleh Allah, Kenapa? SesudahnyaKeutamaan Mencetak Generasi Rabbani – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar