Bagaimana Gambaran Kehidupan Wanita di Surga Menurut Alquran? – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Bagaimana Gambaran Kehidupan Wanita di Surga Menurut Alquran? – Islampos

Terbit 20 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : alquran / Hadits / surga / Tanya Jawab / wanita
Bagaimana Gambaran Kehidupan Wanita di Surga Menurut Alquran? – Islampos


TANYA: Bagaimana kehidupan wanita di surga kelak? Bagaimana gambaran Alquran tentang hal itu?

Jawab:

Dikutip dari About Islam, Dr. Muzammil H. Siddiqi , mantan Presiden Masyarakat Islam Amerika Utara, menyatakan:

Dalam lebih dari satu ayat Alquran, Allah SWT menyerukan kepada hamba-hamba-Nya untuk melakukan yang terbaik agar bisa meraih Surga.

Allah SWT berfirman:

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,” (QS Ali Imran: 133)

Surga bukan hanya untuk pria. Itu dipersiapkan untuk keduanya, pria saleh dan wanita saleh. Semua kegembiraan dan berkah Jannah untuk keduanya.

Allah telah menyebutkan dalam Alquran bahwa Dia menempatkan Adam dan istrinya Hawwa ‘(Hawa) di Jannah setelah menciptakan mereka, dan Dia menyuruh mereka untuk makan dan menikmati segalanya (kecuali buah dari satu pohon). (Lihat QS Al-Baqarah :35; dan QS al-A`raf 7:19)

Jadi, semua pohon, taman dan sungai di Jannah dibuat untuk pria dan wanita dan mereka berdua dapat menikmatinya.

Semua orang yang beriman baik pria maupun wanita, akan bisa memasuki Jannah.

BACA JUGA: 4 Kriteria Wanita yang InsyaAllah Masuk Surga

Allah berfirman:

“(yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;” (QS Ar Ra’du: 23)

Lebih lanjut, Allah berfirman:

“Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka). Mereka dan isteri-isteri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan. Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta. (Kepada mereka dikatakan): “Salam”, sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang.” (QS Yasin: 55-57)

Di akhirat, Allah berfirman kepada orang-orang beriman:

“Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan isteri-isteri kamu digembirakan. Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya. Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu disebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan. Di dalam surga itu ada buah-buahan yang banyak untukmu yang sebahagiannya kamu makan.” (QS Az Zukhruf: 70-73)

Ada banyak tempat lain di dalam Alquran dimana disebutkan bahwa pria dan wanita sama-sama akan menemukan pahala mereka dan tidak ada yang akan dirampas. (Lihat: QS Ali Imran 3: 195; An-Nisa ‘, 4: 124; An-Nahl 16:97; Al-Ahzab 33:35; Ghafir 40:40)

Kehidupan wanita di surga sama menyenangkan dan bahagia dengan kehidupan pria. Allah tidak memihak pada jenis kelamin apapun. Dia menciptakan keduanya dan Dia akan mengurus keduanya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Ayat Alquran menunjukkan dengan jelas bahwa para wanita yang melakukan perbuatan benar diberi pahala dengan surga dan diberi peringkat tinggi yang setara dengan perbuatan baik yang mereka lakukan.

Untuk menjelaskan lebih lanjut masalah ini, berikut kutipan fatwa dai cendekiawan Muslim terkemuka, Ibn Jibreen terkait hal tersebut:

Tidak ada keraguan bahwa pahala di akhirat mencakup pria dan wanita. Ini berdasarkan ayat-ayat Alquran berikut,

“Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman): “Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik.” (QS Ali Imran: 195)

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS An Nahl: 97)

“Dan barangsiapa melakukan perbuatan baik, baik laki-laki atau perempuan, dan seorang mukmin sejati, mereka akan masuk surga.” (QS An-Nisa: 124)

“Sesungguhnya, Muslim, pria dan wanita, orang-orang beriman, pria dan wanita … Allah telah mempersiapkan pengampunan dan pahala yang besar bagi mereka.” (QS Al-Ahzab: 35)

Allah menyebut mereka masuk ke surga bersama-sama, sambil berkata,

“Mereka dan istri mereka akan berada di tempat teduh yang menyenangkan.” (QS Yasin: 56)

“Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan isteri-isteri kamu digembirakan” (QS Az Zukhruf: 70)

Allah juga menyebutkan bahwa Dia akan menciptakan kembali wanita di surga dalam ayat berikut:

“Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung. dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan.” (QS Al-Waqi`ah: 35-36)

BACA JUGA: Inilah Suami Para Wanita di Surga

Artinya, Allah akan menciptakan kembali para wanita tua dan menjadikan mereka perawan; hal yang sama akan dilakukan untuk orang tua, Allah akan membuat mereka awet muda.

Juga disebutkan dalam Hadits bahwa wanita-wanita dalam kehidupan duniawi ini memiliki keunggulan atas bidadari Al-hurun`In karena tindakan ibadah dan ketaatan yang mereka lakukan di dunia ini.

Oleh karena itu, wanita beriman akan masuk surga seperti halnya pria beriman. Jika seorang wanita memiliki sejumlah suami, dia, saat memasuki surga bersama mereka, akan memilih di antara mereka yang memiliki karakter dan perilaku terbaik.

Jadi, yakinlah saudari terkasih bahwa Allah tidak pernah berbuat salah kepada siapa pun, laki-laki atau perempuan, dan Dia, Yang Maha Kuasa, tidak mencabut setiap orang dari amal perbuatannya. []

SUMBER: ABOUT ISLAM



Source link

Sebelumnya4 Penyebab Anak Jadi Durhaka – Islampos SesudahnyaHand Sanitizer Beralkohol, Najis? – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar