Bagaimana Cara Muslim Memperlakukan Hewan?
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Bagaimana Cara Muslim Memperlakukan Hewan?

Terbit 7 April 2021 | Oleh : Admin | Kategori : adab / Hadits / hewan / makhluk Allah / Muslim / Syi'ar


MANUSIA tidak hanya diberi tahu bagaimana cara berinteraksi dengan manusia saja. Manusia juga dibekali ilmu bagaimana adab dan cara memperlakukan makhluk lain ciptaan Allah SWT seperti, hewan, tumbuhan, dan alam semesta.

Namun kali ini kita hanya akan membahas bagaimana caranya manusia memperlakukan hewan. Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi dalam kitab Minhajul Muslim menjelaskan, setidaknya terdapat beberapa adab yang patut ditunaikan manusia kepada hewan.

BACA JUGA: Bolehkah Menyembelih Hewan yang Sakit?

Pertama, adalah memberi makan hewan dan minum apabila hewan itu lapar dan haus.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Fii kulli dzaatin kabadin harra-in ajrun,”. Yang artinya: “Pada setiap yang mempunyai hati yang bisa kehausan terdapat pahala (dalam berbuat baik kepadanya),”.

Kedua, menyayangi dan mengasihi hewan. Sebab Rasulullah ﷺ telah bersabda kepada sahabatnya melarang atau mengurung burung atau mengikat binatang untuk dibunuh ataupun dipanah.

Nabi ﷺ bersabda: “Man faja’a hadzihi biwaladiha? Rudduu waladaha ilaiha,”.

BACA JUGA: Belajar dari Hewan yang Terdapat dalam Alquran

Yang artinya: “Siapa gerangan yang telah menyakiti perasaan burung ini dengan (mengambil) anaknya? Kembalikanlah anak-anaknya kepadanya,”.

Ketiga, menenangkan hewan ketika hendak menyembelih atau membunuhnya. Keempat, tidak menyiksa hewan dengan cara apapun atau dengan membuatnya kelaparan. Tidak memukulinya atau membebaninya dengan sesuatu yang tidak ia mampu. []

SUMBER: REPUBLIKA



Source link

SebelumnyaJelang Ramadhan, Aplikasi Tur Virtual Mekah dan Madinah Diluncurkan SesudahnyaJadwal Imsakiyah Yogyakarta Ramadhan 2021

Berita Lainnya

0 Komentar