Atasi Masalah Penuaan dengan Puasa
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Atasi Masalah Penuaan dengan Puasa

Terbit 7 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / penuaan / puasa / puasa atasi masalah penuaan / Ramadhan


KITA menjalankan puasa bukanlah semata-mata untuk memenuhi kewajiban sebagai umat Islam saja, atau untuk mendapatkan pahala dan ampunan dari Allah SWT. Tapi kita juga perlu berpuasa untuk kesehatan tubuh kita.

Mungkin kamu pun sudah mengetahui betapa banyak manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita. Tapi di antara kamu juga mungkin belum mengetahui terkait adanya manfaat atau khasiat-khasiat tersembunyi dari puasa. Salah satunya adalah puasa juga ternyata bisa menangani masalah penuaan.

BACA JUGA: Dahsyatnya Keutamaan Puasa Ramadhan

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Louisiana mengatakan bahwa dengan berpuasa, tubuh akan memicu gen yang bertugas mengatur kelangsungan hidup dengan melindungi sel-sel dalam.

Ketika berpuasa, gen itu akan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh pengaruh radikal bebas dan mencegah kematian sel secara prematur.

“Gen itu akan memperlambat proses penuaan dengan mengurangi resiko yang terkait dengan umur penyakit dan ancaman kesehatan. Ini tentunya akan mengurangi tanda-tanda peradangan dan tekanan oksidasi yang umumnya menjadi penyebab penuaan kulit,” ujar Dr. James Johnson, Ketua Peneliti.

Bukan hanya itu, berdasarkan hasil penelitian para ahli kesehatan di Universitas California, puasa ternyata efektif menurunkan kadar kolesterol jahat. Ini artinya, puasa juga punya peran penting untuk mencegah terjadinya penyakit jantung lho!

Tapi perlu diingat, meski puasa membawa banyak manfaat, kita harus mengimbanginya dengan pola makan yang sehat pula. Misalnya mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buahan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan kulit tetap lembab.

Terutama untuk kulit, vitamin-vitamin A, C, B, dan E sangat membantu dalam memperlambat proses penuaan kulit.

BACA JUGA: Rahasia-rahasia Puasa Menurut Al Ghazali

Oleh sebab itu, penuhi kecukupan vitamin kulit tersebut pada saat berpuasa dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti apel, jambu, pear, semangka, pepaya, melon, pisang, anggur, dan sebagainya.

Kandungan gizi dan vitamin yang ada di dalam buah-buahan tersebut akan membuat kesehatan kulit makin maksimal. []



Source link

Sebelumnya4 Tipe Jodoh, Mana yang Terbaik? Sesudahnya4 Hal ini Harus Dilakukan Ibu Hamil

Berita Lainnya

0 Komentar