Apakah Nabi Adam Berbahasa Arab?
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Apakah Nabi Adam Berbahasa Arab?

Terbit 23 January 2021 | Oleh : Admin | Kategori : bahasa arab / Hadits / nabi / Tahukah Anda


ALQURAN diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan orang Arab. Alquran pun diturunkan dalam bahasa Arab.

Bahasa Arab adalah bahasa yang tertua dan masih mempertahankan karakteristik dari verbal, morfologi, tata bahasa dan sastra.

BACA JUGA: 5 Keistimewaan Bahasa Arab dan Keutamaan Mempelajarinya

Meskipun bahasa Yunani, Ibrani, bahasa Sansekerta, dan Latin lebih tua berabad-abad sebelumnya, namun bahasa-bahasa tersebut minim digunakan saat ini. Orang Yunani misalnya saat ini tidak berbicara dalam bahasa Aristoteles dan Plato.

Berbeda dengan bahasa Arab yang saat ini masih digunakan. Bahkan, bahasa Arab yang digunakan saat ini sama dengan yang digunakan dalam Alquran dan puisi pra-Islam, dalam hal morfologi dan sintaks, kecuali beberapa kata yang tidak lagi digunakan sekarang.

Abdurrahman al-Burni, dalam Allughat Al-Arabiyyah Ashl al-Lughat Kulluha, menjelaskan para peneliti dalam sejarah bahasa Arab menegaskan bahwa mereka tidak tahu apa-apa tentang permulaan bahasa Arab, dan yang tertua yang mereka ketahui tentangnya berasal dari abad kelima Masehi.

Lantas, siapa penutur bahasa Arab yang pertama diantara para Nabi? Apakah Nabi Adam Berbahasa Arab?

Para cendikiawan berbeda pendapat tentang penutur bahasa Arab pertama. Dikatakan Adam AS melalui Jibril kemudian bergilir disampaikan kepada Nuh AS dan diturunkan kepada putranya Sam.

Jika pun ada pernyataan yang berbicara bahasa arab pertama kali adalah Nabi Ismail, itu dibantah hadits. Sebab, Nabi Ismail belajar bahasa Arab dari mereka yang hidup sebelum Nabi Ismail. Mereka adalah suku berbahasa Arab sebelum Ismail. Ini berarti mereka lah yang awalnya mengajarinya bahasa Arab.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّه عَنْهُمَا قَالَ قَال النَّبيُّ ﷺ فَأَلفى ذلكَ أُمَّ إِسماعِيلَ، وَهِي تُحِبُّ الأُنْسَ. فَنزَلُوا، فَأَرْسلُوا إِلى أَهْلِيهِم فنَزَلُوا معهُم، حتَّى إِذا كَانُوا بِهَا أَهْل أَبياتٍ، وشبَّ الغُلامُ وتَعلَّم العربِيَّةَ مِنهُمْ

“Diriwayatkan dari Ibn Abbas, semoga Tuhan meridhoi mereka, Nabi ﷺ berkata, ‘Jadi ibu Ismail mengatakan itu, dan dia mencintainya. Jadi mereka turun, jadi mereka mengirim ke keluarga mereka, dan mereka pergi bersama mereka, bahkan jika mereka ada di dalamnya, dan anak laki-laki itu tumbuh besar dan belajar bahasa Arab dari mereka.”

BACA JUGA: Bagaimana Saya Memahami Bahasa Arab dalam Alquran?

Namun, tidak ada bukti khusus dari Alquran atau sunnah Nabi yang menunjukkan bahwa Nabi Adam berbicara bahasa Arab.

Secara umum, penelusuran terkait penutur pertama bahasa Arab hanya diperoleh dari hadis tersebut yang menyatakan bahwa nabi Ismail mengetahui bahasa Arab dari orang-orang sebelumnya. []

SUMBER: MAWDOO3



Source link

SebelumnyaIni Nasehat dari Imam Al Ghazali kepada Para Penuntut Ilmu SesudahnyaSurat An Nahl Ayat 114, Arab Latin, Arti, Tafsir dan Kandungan

Berita Lainnya

0 Komentar