Anda Budak Dunia atau Hamba Allah? – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Anda Budak Dunia atau Hamba Allah? – Islampos

Terbit 19 February 2021 | Oleh : Admin | Kategori : budak dunia / Dunia / Duniawi / Hadits / Hamba Allah / Renungan
Anda Budak Dunia atau Hamba Allah? – Islampos


IBNU Taimiyah rahimahullah berkata “‘Abdullah (hamba Allah) adalah orang yang ridho terhadap apa yang Allah ridhoi, murka terhadap apa yang Allah murkai, cinta terhadap apa yang Allah dan Rasul-nya cintai serta benci terhadap apa yang Allah dan Rasul-Nya benci. Hamba Allah adalah hamba yang senantiasa menolong wali Allah (kekasih Allah dari orang beriman) dan membenci musuh Allah Ta’ala (dari orang kafir). Inilah tanda sempurnanya iman.

BACA JUGA: Karakter Dunia

Sebagaimana disebutkan dalam hadits,

“Barangsiapa yang cinta dan benci karena Allah serta memberi dan enggan memberi karena Allah, maka telah sempurnalah imannya.” (HR Abu Daud)

Beliau juga bersabda,

“Ikatan iman yang paling kokoh adalah cinta dan benci karena Allah.” (HR Ahmad)

Sebelumnya Ibnu Taimiyah rahimahullah membawakan hadits,

“Celakalah wahai budak (hamba) dirham. Celakalah wahai budak (hamba) dinar. Celakalah wahai budak (hamba) qothifah (pakaian). Celakalah wahai budak (hamba) khomishoh (pakaian).”

Lantas Ibnu Taimiyah mengatakan, “Inilah yang namanya budak harta-harta tadi. Jika ia memintanya dari Allah dan Allah memberinya, ia pun ridho. Namun ketika Allah tidak memberinya, ia pun murka.”

BACA JUGA: Di Dunia, Kesenangan pun Membuat Letih?

Padahal jika Allah tidak memberi sesuatu, bukan berarti Allah itu pelit. Kadang kita harus mengetahui bahwa diluaskan dan disempitkannya rizki atau harta kadang adalah sebagai ujian bagi kita. Ujian itu adalah apakah kita bisa termasuk hamba Allah yang bersyukur atau tidak dan bersabar ataukah tidak.

SUMBER: RUMAYSHO



Source link

SebelumnyaImam Bukhari Shalat 2 Rakaat ketika Menulis Satu Hadits SesudahnyaMasa Kejayaan Islam di Bumi Andalusia

Berita Lainnya

0 Komentar