Al Hilmu, Salah Satu Sikap Mulia yang Harus Dimiliki Setiap Muslim
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Al Hilmu, Salah Satu Sikap Mulia yang Harus Dimiliki Setiap Muslim

Terbit 5 April 2021 | Oleh : Admin | Kategori : akhlak mulia / al hilmu / Hadits / Islam 4 Beginner / lapang dada


AKHLAK yang mulia menduduki kedudukan yang paling tinggi dalam Islam. Oleh karena itu Nabi Muhammad SAW di utus Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak seseorang “Inni Bu’itstu liutammima makaarimalakhlaq”. Salah satu akhlak mulia yang penting dimiliki setiap Muslim adalah sikap lapang dada.

Al hilmu atau lapang dada adalah menahan kemarahan dan memaafkan ketika dia terzalimi. Sifat al hilmu atau lapang dada ini adalah sifat yang diperintahkan dan dicintai oleh Allah ta’ala, sebagaimana firman Allah ta’ala:

BACA JUGA: Lelaki yang Serius Ingin Menikahimu

والكاظمين الغيظ والعافين عن الناس والله يحب المحسنين ( ال عمران : ١٣٤ )

“Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan ( kesalahan) orang, Allah ta’ala menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan “.(QS. Ali Imron:134).

خذ العفو وأمر بالعرف وأعرض عن الجاهلين (الأعرف :١٩٩)

“Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf(baik) serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh”. (QS.Al a’rof :199).

BACA JUGA: Uang Membongkar Akhlakmu

عن ابن عباس قال:وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم لأشج عبد القيس:” إن فيك خصلتين يحبهما الله : الحلمو والأناة”.(روه مسلم)

Dari ibnu Abbas radiyallahu ‘anhuma beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Asyaj abdul qois radiyallahu :

“Sesungguhnya pada dirimu terdapat dua perangai yang dicintai oleh Allah yaitu al hilmu (lapang dada) dan al anah(tidak tergesa-gesa)”. (HR.Muslim). []

SUMBER: ATSAR



Source link

SebelumnyaKeutamaan Menjaga Takbiratul Ihram Bersama Imam – Islampos SesudahnyaDoa Memohon Kemudahan dari Allah

Berita Lainnya

0 Komentar