Akibat Menjadi Perantara Perbuatan Zalim
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Akibat Menjadi Perantara Perbuatan Zalim

Terbit 18 November 2020 | Oleh : Admin | Kategori : dosa / Hadits / maksiat / Syi'ar / Zalim


PERBUATAN zalim merupakan salah satu yang merugikan diri kita. Karena orang yang berbuat zalim, maka akibat buruknya pasti akan menimpa diri kita sendiri. Seperti layaknya kita meludah ke atas langit, tentu air ludah itu akan kembali ke wajah kita.

Ternyata yang akan terkena getahnya atau akibat dari perbuatan itu bukan hanya dirasakan oleh orang yang melakukannya saja. Orang yang membantu mensukseskan perbuatan tersebut juga akan tertimba balasannya.

BACA JUGA: Orang yang Dizalimi Boleh Mendoakan Keburukan?

Sebab, melakukan perbuatan zalim adalah dosa besar. Dan orang-orang yang membantu perbautan zalim dosanya sama dengan orang yang berbuat zalim.

Membantu perbuatan zalim adalah jika seseorang menjadi petunjuk jalan orang lain dalam berbuat ke-zaliman, dengan kata lain seseorang yang memberikan informasi atau jalan atau cara atau fasilitas kepada orang yang hendak melakukan kezaliman kepada orang lain. Perbuatan ini pun termasuk dosa besar dan mendapat balasan azab dari Allah SWT.

Berikut firman Allah SWT:

“… Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim,” (QS. Al-Maidah: 45).

“Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang rugi,” (QS. Al-Baqarah: 147).

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul-Nya, dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya,” (QS. An-Nisa’: 59).

Oleh sebab itu, jangan biarkan diri kita menjadi perantara perbuatan zalim seseorang, karena itu akan merugikan diri kita sendiri.

BACA JUGA: Kematian Tragis Seorang Majikan Zalim

Kita memang tidak secara langsung menzalimi orang lain, tetapi sebagai perantara maka kita ikut terlibat dalam perilaku tercela itu. Dan azab bagi orang yang menzalimi, akan dirasakan pula oleh kita yang ikut membantu perbuatan zalim. Naudzubillah. []

Sumber: 1001 Siksa Alam Kubur/Karya: Ust. Asan Sani ar Rafif/Penerbit: Kunci Iman



Source link

SebelumnyaDoa Nabi untuk Wanita yang Membela Nabi di Medan Perang SesudahnyaKendalikan Hawa Nafsu, Ini yang Harus Diperhatikan

Berita Lainnya

0 Komentar