Ada yang Panas dan Ada yang Dingin, Inilah 10 Gurun Terbesar di Dunia – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Ada yang Panas dan Ada yang Dingin, Inilah 10 Gurun Terbesar di Dunia – Islampos

Terbit 10 January 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Dunia / gurun / Hadits / Muslimtrip
Ada yang Panas dan Ada yang Dingin, Inilah 10 Gurun Terbesar di Dunia – Islampos


MENCANGKUP sekitar sepertiga dari permukaan bumi, gurun adalah fenomena geografis yang penting.

Gurun didefinisikan sebagai daerah kering yang menerima curah hujan kurang dari 12 inci setiap tahun, dan terbentuk ketika perubahan iklim regional mengakibatkan kondisi kekeringan yang berlangsung lama.

Tersebar di berbagai negara, inilah 10 gurun terbesar di dunia, termasuk gurun panas dan gurun dingin:

10 Gurun Cekungan Besar (Great Basin)

Memiliki luas (km²): 492.000, Gurun Cekungan Besar berlokasi di Amerika Serikat, tepatnya di tengah-barat Nevada, antara Sierra Neada dan Pegunungan Wasatch. Gurun ini merupakan yang terbesar kesepuluh di planet ini.

Selain keunikan alamnya, gurun ini juga terkenal dengan Taman Nasional Great Basin yang terletak di bagian tengah gurun.

9 Gurun Suriah

Memiliki luas (km²): 520.000, Gurun Suriah terletak di Timur Tengah. Gurun Syria atau Syria Stepa merupakan gurun subtropis yang merupakan gurun terbesar kesembilan di dunia.

Bagian selatan Gurun Suriah menyatu dengan Gurun Arab yang lebih besar. Permukaan gurun gundul dan berbatu, dan berisi wadi yang tersebar atau dasar sungai yang kering.

8 Gurun Patagonia

Memiliki luas (km²): 620.000, Gurun Petagonia berlokasi di Argentina. Gurun Patagonian atau Patagonian Steppe adalah gurun terluas kedelapan di dunia, dan gurun terluas di Amerika Selatan.

Seluruh wilayah ini merupakan padang gurun semak yang dingin, yang terdiri dari semak berbatu dan semak berduri serta mengalami cuaca beku sepanjang tahun dan angin yang tiada henti. Meskipun demikian, Patagonia adalah rumah bagi berbagai satwa liar termasuk rubah, llama, armadillo, dan banyak lagi.

7 Gurun Kalahari

Memiliki luas (km²): 900.000, Gurun Kalahari berada di Afrika Selatan. Gurun Kalahari adalah gurun terbesar ketujuh di dunia yang meliputi sebagian besar Botswana, serta sebagian Namibia, dan Afrika Selatan.

Nama gurun berasal dari kata Tswana Kgala, yang berarti “dahaga”. Sederhananya, namanya mencerminkan aspek alam wilayah tersebut.

6 Gurun Gobi

Memiliki luas (km²): 1.295.000, gurun Gobi adalah gurun terbesar kedua di Asia sekaligus gurun dingin terbesar ketiga di planet ini. Tepatnya terletak di Asia Timur, Gurun Gobi meliputi sebagian besar Tiongkok Utara dan Mongolia Selatan. Ini gurun terbesar kedua di Asia

Gobi adalah apa yang disebut gurun bayangan hujan – wilayah yang terpaksa berubah menjadi gurun karena pegunungan memblokir semua cuaca hujan yang menyuburkan tanaman.

Meskipun merupakan gurun, Gobi terkenal dengan hewan langka seperti macan tutul salju dan unta Baktria.

5 Gurun Arab

Memiliki luas (km²): 2.330.000, Gurun Arab tentu saja berlokasi di Timur Tengah.

Gurun Arab adalah gurun terbesar kelima di dunia dan terbesar di Eurasia. Tepatnya di Eurasia Barat jauh, di Jazirah Arab.

Di tengah Gurun Arab di Arab Saudi, terdapat salah satu kumpulan pasir terbesar di dunia, lengkap dengan bukit pasir. Tempat itu disebut Ar-Rub Al-Khali, juga dikenal sebagai ‘ The Empty Quarter ‘.

4 Gurun Australia

Memiliki luas (km²): 2.700.000, sesuai namanya, Gurun Australia berada di benua Australia.

Gurun Australia (termasuk Gurun Great Victoria) bergabung sebagai Gurun Australia menjadi gurun terbesar keempat di dunia. Gurun ini mencakup sekitar 18% dari daratan Australia.

Selain Antartika, Australia adalah benua terkering di dunia. Sekitar 35% benua menerima sedikit hujan, hampir digolongkan sebagai gurun. Hal yang menarik dari gurun di Australia adalah bahwa dalam beberapa tahun secara teknis mereka melebihi jumlah ambang batas hujan untuk disebut gurun karena distribusi curah hujan di seluruh benua sangat tidak merata.

BACA JUGA: Rekor Dunia Guinness: Oasis Al-Ahsa di Arab Saudi Terbesar di Dunia

3 Gurun Sahara

Memiliki luas (km²): 9.200.000, Gurun Sahara yang berlokasi di Afrika Utara merupakan gurun panas terbesar di dunia. Namun, diantara seluruh gurun (termasuk gurun dingin), Sahara menempati posisi ketiga terbesar.

Gurun Sahara terletak di bagian utara benua Afrika. Lebih khusus lagi, Sahara mencakup sebagian Aljazair, Cad, Mesir, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Niger, Sahara Barat, Sudan, dan Tunisia. Ini sangat besar sehingga mencakup 25% daratan Afrika.

Nama ‘Sahara’ sendiri berasal dari kata Arab untuk ‘gurun’, çahra atau gurun terbesar.

2 Gurun Arktik

Memiliki luas (km²): 13.985.000, gurun yang berlokasi di Kepulauan Samudra Arktik, utara Norwegia dan Rusia ini merupakan gurun dingin terbesar kedua di dunia.

Gurun Arktik dingin ini terletak di wilayah kutub utara Bumi. Gurun ini membentang di wilayah Samudra Arktik 2.000 km dari timur ke barat dan 1.000 km dari utara ke selatan, meliputi sejumlah gugusan pulau di pesisir utara Norwegia dan Rusia.

Gurun Arktik memiliki fitur lingkungan yang sangat mirip dengan Gurun Antartika, meskipun memiliki tingkat curah hujan yang sedikit lebih tinggi, yaitu 50 cm per tahun – kurang lebih sama dengan jumlah di Sahara.

1 Gurun Antartika

Memiliki luas (km²): 14.000.000, Gurun ini adalah yang terbesar di dunia.

Gurun Antartika menutupi seluruh daratan Antartika –benua yang terletak di Kutub Selatan. Daerah ini memiliki lebih banyak superlatif yang terkait dengan namanya daripada gurun terluas saja.

Antartika adalah benua paling dingin, terkering, dan paling berangin, dan memiliki ketinggian rata-rata tertinggi dari semua benua di dunia.

Antartika menerima curah hujan tahunan hanya 20 mm, yang terjadi hanya di sepanjang wilayah pesisir. Benua ini terlalu dingin untuk curah hujan, sebaliknya tetesan hujan berubah menjadi kepingan salju kecil dan menutupi permukaan luar dari lapisan es yang sangat besar. []

SUMBER: SAFARISAFRICANA



Source link

SebelumnyaTahanan Palestina Dibebaskan dari Penjara Israel setelah 18 Tahun SesudahnyaHumor: Kuda Unik – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar