9 Hal yang Harus Dilakukan Muslim Selama Ramadhan – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

9 Hal yang Harus Dilakukan Muslim Selama Ramadhan – Islampos

Terbit 17 April 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / pengingat / puasa / Ramadhan / tips / Tsaqofah Ramadhan
9 Hal yang Harus Dilakukan Muslim Selama Ramadhan – Islampos


1 Niat

Ingatkan diri Anda lagi dan lagi bahwa Anda berpuasa dalam ketaatan kepada Allah. Tulus dalam niat Anda. Anda ingin Allah menerima puasa Anda. Nabi (saw) bersabda:

“Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan iman dan mencari pahala Allah, semua dosa masa lalunya akan diampuni.” (HR Al-Bukhari)

3 Wara ‘(menghindari segala sesuatu yang haram atau makruh)

Tumbuhkan kesadaran untuk hanya mengkonsumsi makanan halal baik dari pendapatan yang halal maupun dari cara halal dalma mendapatkannya. Hindari selalu menonton acara TV, video, film yang buruk, tetapi terutama selama bulan ini. Jaga kebersihan tubuh dan pikiran Anda. Hindari membuang-buang waktu Anda untuk hal-hal yang tidak berguna.

4 Alquran

Habiskan lebih banyak waktu dengan Alquran. Baca Alquran setiap hari. Cobalah untuk menyelesaikan seluruh Alquran setidaknya satu kali selama bulan ini. Bacalah beberapa hadits dan kitab-kitab sirah.

5 Shalat, doa dan dzikir

Shalat tepat waktu dan berdoalah. Jangan abaikan Shalat Tarawih.

Lakukan ibadah sebanyak yang Anda bisa. Lakukan lebih banyak dzikir (mengingat Allah) dan doa (permohonan) untuk diri sendiri dan untuk orang lain.

Lakukan taubat dan istighfar (permintaan ampunan Allah) sebanyak yang Anda bisa. Ini adalah waktu terbaik untuk berbakti dan mencari pengampunan Allah. Carilah Malam Qadar khusus selama 10 malam terakhir bulan ini.

BACA JUGA: Ingin Ringan Jalani Puasa Hari Pertama Ramadhan, Ini Tipsnya

6 Zakat, amal, dan kemurahan hati

Bersikaplah sangat dermawan dan murah hati. Memberi lebih banyak dan lebih banyak untuk membantu yang miskin dan membutuhkan, dan untuk membantu proyek sosial dan komunitas yang baik. Bersikaplah baik kepada teman dan tetangga Anda juga. Beri tahu tetangga dan rekan kerja non-Muslim Anda bahwa ini adalah waktu yang diberkati dan sakral bagi Anda.

7 Perilaku dan hubungan yang baik dengan orang lain

Cobalah untuk menjadi sangat baik dan sopan selama bulan ini. Lupakan pertengkaran dan perselisihan Anda. Rujuk dan maafkan. Jangan terlibat dalam fitnah, berbohong, menipu, dan segala sesuatu yang salah. Bersikaplah sangat baik kepada Muslim dan semua manusia.

8 Refleksi

Pikirkan, renungkan, dan rencanakan untuk meningkatkan kondisi moral dan spiritual diri Anda sendiri dan keluarga Anda. Pikirkan tentang kesalahan dan dosa yang mungkin telah Anda lakukan dan perbaiki diri Anda sendiri.

Buat daftar kekurangan yang Anda miliki dalam ibadah Islam Anda dan rencanakan untuk mengubah diri Anda sendiri. Pikirkan apa yang dapat Anda lakukan untuk Umat dan umat manusia untuk menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik bagi semua orang.

Semoga Allah membantu kita untuk mendapatkan manfaat penuh dari puasa di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Semoga Dia menjaga kita di jalan yang benar dan memberkati kita sekarang dan selalu. []

SUMBER: PAKISTANLINK | ABOUT ISLAM

 



Source link

SebelumnyaBukan Hidangan Berbuka Puasa, Inilah Arti Takjil yang Sebenarnya Sesudahnya10 Sunnah Puasa Beserta Dalilnya

Berita Lainnya

0 Komentar