8 Tips Jaga Kondisi Tubuh saat Musim Hujan
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

8 Tips Jaga Kondisi Tubuh saat Musim Hujan

Terbit 20 February 2021 | Oleh : Admin | Kategori : aktivitas saat hujan / Hadits / hujan / jaga kesehatan / Kesehatan / musim hujan


PERUBAHAN musim dari kemarau ke musim hujan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya perpindahan kondisi dari cuaca yang biasanya panas menerpa tubuh, berubah menjadi dingin.

Penyakit yang paling sering dating saat musim hujan adalah Flu. Sakit flu akan mengganggu aktifitas kita. Belum lagi penyakit-penyakit musiman lainnya yang dating saat musim hujan.

Lantas, bagaimana cara agar tubuh tetap sehat saat musim hujan tiba? informasitips menyajikan beberapa tips seperti berikut ini:

Bersihkan Lingkungan

Saat musim hujan, lingkungan menjadi lebih mudah kotor dibandingkan saat musim kemarau. Ini disebabkan karena kelembaban udara yang tinggi membuat sampah-sampah jadi mudah membusuk dan akhirnya menjadi sarang kuman.

BACA JUGA: Do’a Rasulullah untuk Menahan Hujan

Oleh sebab itu bersihkan lingkungan dari tempat-tempat yang mungkin digemari oleh kuman/bakteri. Contohnya dengan cara mengubur sampah, menutup tempat penampungan air, menimbun lubang yang berpotensi membuat air hujan tergenang, dan memangkas rumput dan ranting-ranting yang sudah mulai rimbun.

Lingkungan yang kotor, lembab, dan teduh akan mengundang nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak.

Konsumsi Vitamin C

Vitamin C sangat baik untuk menjaga stabilitas kekebalan tubuh manusia. Kekebalan tubuh yang lemah sulit untuk beradaptasi dengan perubahan suhu dan rentan terhadap serangan penyakit.

Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, buah naga, strawberry, dan sebagainya. Konsumsi vitamin C secara rutin akan memastikan kebutuhan tubuh Anda akan vitamin C tercukupi, sehingga pada akhirnya akan membantu meningkatkan fungsi sistem imun Anda.

Makan ketika Lapar

Saat musim penghujan, nafsu makan menjadi lebih besar dari biasanya. Ini disebabkan karena suhu yang dingin. Tapi sayangnya, saat musim hujan metabolisme tubuh menjadi lebih lambat dari biasanya.

Bayangkan, bila Anda menuruti nafsu makan Anda yang menggebu-gebu namun tidak didukung dengan proses metabolisme yang baik, tentu akan berujung pada obesitas/kegemukan. Atur cara makan dan posrsi makan Anda.

Usahakan untuk tidak menuruti keinginan mengunyah saat perut belum terasa lapar. Perut yang diiisi terus menerus tanpa pembakaran yang seimbang dalam tubuh tentu tidak akan memberi dampak positif bagi kesehatan Anda.

BACA JUGA: Hujan Itu Berkah dari Langit

Banyak Minum Air Putih

Seringkali kita mengabaikan untuk mengonsumsi air putih yang cukup saat musim hujan. Mungkin sebabnya karena saat musim hujan udara menjadi dingin sehingga rasa haus jarang terjadi.

Faktanya musim hujan maupun musim kemarau, kebutuhan tubuh akan air tetap sama. Jangan berpikir tubuh hanya butuh air saat Anda haus.

Tapi berpikirlah bahwa segala yang Anda makan akan dicerna dengan baik apabila ada air yang cukup dalam tubuh. Sebagai saran, pilihlah minuman hangat saat di musim penghujan seperti teh tawar hangat atau wedang jahe.

Tidur Secukupnya

Udara yang dingin saat musim penghujan mengundang rasa kantuk yang berlebihan. Namun jangan hiraukan rasa kantuk tersebut.

Tidurlah secukupnya dan jangan melebihi kebutuhan waktu tidur Anda dalam sehari. Tubuh yang terlalu banyak tidur juga tidak akan baik karena akan membuat tubuh menjadi lemas dan otot kaku.

BACA JUGA: Rasulullah dan Hujan

Kenakan Pakaian yang Tertutup dan Tebal

Pakaian juga dapat mempengaruhi kesehatan Anda saat musim penghujan. Pakaian berbahan tipis kurang maksimal untuk menjaga tubuh Anda agar tetap hangat.

Apalagi bila aktivitas Anda menuntut Anda berada di luar ruangan lebih lama. Sebaiknya pilih dan kenakan pakaian berbahan tebal seperti rajutan wol dan katun super untuk menghindari Anda dari rasa dingin berlebihan.

Sediakan Pelindung Hujan

Pelindung saat cocok bila sewaktu-sewaktu Anda harus terjebak hujan di tengah jalan tanpa mobil. Pelindung hujan disini bisa berupa mantel hujan atau payung. Bawa salah satunya saat Anda berpergian kemana saja.

Pilih payung yang bisa dilipat agar memudahkan Anda untuk menyimpannya di dalam tas. Untuk mantel, pilih pula mantel berbahan lentur agar mudah dilipat dan diselipkan di bawah jok sepeda motor Anda.

BACA JUGA: Suara Air Hujan Ternyata Mampu Usir Stres dan Redakan Depresi

Mandi Air Hangat

Udara yang dingin tentu sering membuat Anda enggan untuk mandi karena merasa tubuh tidak berkeringat. Padahal mandi tetap diperlukan meskipun Anda sedang tidak berkeringat.

Kotoran yang tak kasat mata pada tubuh harus tetap dibasuh minimal dua kali dalam sehari. Bila tidak, kotoran akan mebuat kuman berkembang biak dalam tubuh dan kemudian beresiko terjadinya penyakit kulit.

Untuk membuat rutinitas mandi tetap nyaman tanpa efek kedinginan, tidak ada salahnya Anda mandi menggunakan air hangat. Air hangat akan membantu membersihkan tubuh Anda dari kotoran dan tidak membuat Anda menjadi kedinginan. []

SUMBER: INFORMASITIPS



Source link

SebelumnyaTempat Liburan Hits di Yogyakarta SesudahnyaKetika Natsir Berpelesiran di Kota Bandung

Berita Lainnya

0 Komentar