7 Cara Mudah Menghemat Kuota Internet – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

7 Cara Mudah Menghemat Kuota Internet – Islampos

Terbit 18 November 2020 | Oleh : Admin | Kategori : cara ngirit kuota / Hadits / internet / Kuota / Muslimtech
7 Cara Mudah Menghemat Kuota Internet – Islampos


KUOTA intenet untuk ponsel khususnya smartphone sangat penting keberadaannya. Tanpa kuota smartphone dipastikan tak akan bisa berfungsi maksimal, karena pada hakikatnya smartphone selalu terhubung dengan internet.

Internet dan smartphone memang memudahkan banyak kegiatan manusia. Mulai dari belajar online, berkomunikasi dengan teman-teman, sampai mengakses hiburan, semua hal bisa dilakukan dengan mudah kalau ada ponsel dan internet.

BACA JUGA: Zaman, Dimana Kuota Lebih Penting daripada Beras

Namun, kadang kita merasa data atau kuota internet bisa cepat habis, sehingga kita tidak bisa lagi berseluncur di dunia maya atau kegiatan lain yang membutuhkan koneksi internet.

Berikut tips untuk menghemat kuota internet yang bisa kamu, di antaranya:

1 Gunakan fitur pembatasan data

Pertama kita bisa mengaktifkan fitur pembatasan data yang tersedia di masing-masing ponsel kita. Hal ini biasanya sudah tersedia di halaman pengaturan perangkat. Saat fitur ini diaktifkan, kita akan diberi tahu apabila penggunaan data kita sudah melebihi batas yang kita inginkan.

Dengan begitu kita akan menghentikan aktivitas-aktivitas di ponsel yang kita tahu akan memakan data lebih banyak lagi.

Tahukah kamu? Instagram dan TikTok adalah contoh aplikasi yang paling banyak memakan kuota internet, lho. Sebabnya, Instagram menampilkan gambar berupa foto dan video. Begitu juga dengan TikTok.

Namun sebenarnya, semua aplikasi akan terus menyedot data meski sedang tidak digunakan. Semua aplikasi rata-rata tetap membutuhkan data tanpa kita menjalankannya, tapi hanya membutuhkan porsi yang kecil.

2 Menonaktifkan unduh dan pembaruan otomatis

Kita pasti punya banyak aplikasi yang ada di ponsel. Nah, aplikasi-aplikasi itu bisa tiba-tiba memperbarui sistem operasinya. Tidak hanya aplikasi, sistem ponsel itu sendiri juga sering mengalami pembaruan.

Aktivitas pembaruan ini tentu memakan data internet, untuk itu hentikan pembaruan otomatis di bagian “Pengaturan.” Hal yang sama juga terjadi pada unduh otomatis atau download media gambar/video yang biasanya ada di aplikasi-aplikasi perpesanan.

Untuk mengurangi pengunduhan data bisa dengan menonaktifkan auto download/auto update.

Kalau di WhatsApp, fitur auto download image atau video bisa dimatikan di pengaturan atau setting.

Auto update sistem dan aplikasi juga perlu dimatikan agar penggunaan data tidak membludak secara tiba-tiba. Dengan mematikan fitur unduh atau pembaruan otomatis ini, kita bisa menyimpan kuota internet.

3 Pasang antivirus

Tips berikutnya yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota adalah dengan memastikan sistem ponsel bersih dari berbagai virus atau malware. Untuk mendapatkan ponsel yang bebas virus, kita bisa memasang aplikasi sejenis antivirus di ponsel.

4 Batasi Penggunaan Data di Background (Restrict Background Data)

Kadangkala habisnya kuota internet ini disebabkan oleh penggunaan data otomati di background smartphone kamu. Dan hal ini seringkali juga tidak banyak yang menyadarinya. Untuk mematikan penggunaan data di background ini kamu bisa masuk ke menu Settings>Data Usage>Tap tiga garis vertikal di kanan atas>Restrict background data>OK. Dengan hal ini kamu memang akan mampu menghemat kuota internet Anda dengan baik, namun risikonya kamu akan ketinggalan notifikasi dengan cepat.

5 Ubah Maps ke mode Offline

ubah fitur ‘Maps’  ke mode offline. Aplikasi Maps pada sebuah ponsel pintar memang mampu menguras kuota inetrnet Anda dengan cepat. Dan anehnya tidak banyak penggunanya yang tidak menyadari hal ini. Aplikasi Maps ini akan makin banyak menguras data bila kamu menggunakannya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite.

Untuk mengatasi borosnya kuota dari penggunaan aplikasi Maps ini kamu bisa mengubah pengaturan Maps ini dari mode online ke mode offline.

6 Pakai browser yang efisien

Sebuah browser atau peramban ternyata juga mampu membuat kuota internet kamu terkuras habis. Terutama browser default yang merupakan bawaan dari smartphonemu yang banyak diyakini banyak mengambil kuota internet. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mendownload dan menggunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini. Browser ini memang sudah banyak terbukti dan banyak dipercaya mampu menyimpan kuota data internetmu secara primer dengan mengompres website yang kamu kunjungi.

7 Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan

Ternyata ada banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis pada smartphonemu yang membuat kuota internet terambil secara langsung tanpa disadari. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mematikan atau menon- aktifkan sinkronisasi otomatis ini pada beberapa akun yang ada yang jarang digunakan. Caranya adalah dengan Anda bisa masuk ke menu Settings>Accounts>kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Dengan cara ini kamu akan mampu menghemat kuota data yang kamu miliki dengan baik. []

SUMBER: CERMATI | BOBO



Source link

Sebelumnya“Ramuan Ajaib” Ini Bisa Bikin Wajah Tampak Awet Muda SesudahnyaDoa Nabi untuk Wanita yang Membela Nabi di Medan Perang

Berita Lainnya

0 Komentar