7 Cara Meningkatkan Pengalaman Hidupmu dengan Alquran
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

7 Cara Meningkatkan Pengalaman Hidupmu dengan Alquran

Terbit 8 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : alquran / Hadits / Islam 4 Beginner


 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ قَدْ جَآءَتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَآءٌ لِّمَا فِى ٱلصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ

Yā ayyuhan-nāsu qad jā`atkum mau’iẓatum mir rabbikum wa syifā`ul limā fiṣ-ṣudụri wa hudaw wa raḥmatul lil-mu`minīn

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.”

ADA tujuh cara untuk meningkatkan pengalaman hidupmu dengan Alquran. Dikutip dari About Islam, berikut ini caranya:

Membaca

Membaca Alquran dengan tajwid yang benar dapat menenangkan hati dan jiwa dengan kedamaian. Itu membuatmu merasa dekat dengan Allah serta mengurangi kesedihan yang berlarut-larut. Hafalan harian beberapa halaman Alquran, terutama setelah sholat subuh adalah cara terbaik untuk tetap berada di jalan kebenaran dan berpegang pada ikatan Allah.

Membaca Terjemahan dan Tafsir

Kamu bisa memperoleh pemahaman yang baik tentang kehidupan jika kita memahami Alquran dengan benar. Kamu dapat membaca terjemahan dan penafsirannya (tafsir) oleh seorang ulama yang berpengetahuan dan terspesialisasi. Tafsir membantu mengungkap rahasia Alquran dan menjelaskan makna tersembunyi dari kata, ayat, dan surat.

Menghafal

Dari Abdullah Ibn ʻAbbas r.a. Dia mengatakan Rasulullah SAW bersabda, “Dia yang tidak menghafal satu bagian pun dari Alquran, seperti rumah yang hancur.” (HR At-Tirmidzi)

Memiliki kata-kata Ilahi yang tersimpan di hati memungkinkanmu untuk melantunkannya saat merasa sedih dan berdoa sepanjang malam. Selain itu, itu akan membuatmu merasa sangat dekat dengan Allah.

Mendengar dengan Penuh Perhatian

Salah satu cara terbaik merenungkan Alquran adalah mendengarkannya dengan saksama ketika seseorang sedang membaca atau menjelaskannya. Baik itu mendengarkan pembacaan Alquran, ceramah daring maupun saat bepergian atau menghadiri kelas di sebuah institut atau masjid.

Mengamalkannya

Kamu harus berpegang pada Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, Alquran adalah kitab yang dikirim sebagai pedoman bagi seluruh umat manusia.

Alquran memberikan panduan lengkap dari memenuhi perjanjian, mengambil pinjaman, meninggalkan warisan, menanggapi kejahatan dengan kebaikan, pernikahan, dan menyerukan Islam. Termasuk prinsip-prinsip membesarkan anak yang shaleh dan bersedekah. Semua tentang cara menjalani hidup damai dijelaskan dalam Alquran.

Mengajarkannya pada Orang Lain

Usman Ibn ʻAffan r.a. meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda, “Yang terbaik di antara kamu adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya (kepada orang lain).” (HR Bukhari)

Mangajarkan Alquran bisa dengan cara sederhana seperti mengundang beberapa teman untuk minum teh. Lalu membacakan sejumlah ayat untuk mereka dalam bahasa Arab diikuti oleh terjemahan dan penjelasan selama setengah jam. Kemudian setiap orang dapat berdiskusi bagaimana ayat-ayat tersebut yang telah dipelajari diterapkan dalam kehidupan mereka.

Surat-surat pendek Alquran dapat diajarkan secara keseluruhan. Manfaat dari kegiatan ini lebih besar daripada sekadar merenungkannya.

Menjadi Salah Satu Ahlul Quran

Ikatan yang mengikat umat Islam atas dasar belajar Alquran bersama-sama tak bisa digambarkan. Itu adalah cinta yang tulus dan tidak duniawi, semata-mata demi Allah. Alquran dapat mewarnai kehidupan umat Islam dengan warna-warna yang cerah, memperkaya jiwa dengan ilmu yang bermanfaat, dan membimbing untuk merasakan penghiburan karena dekat dengan Allah. []

SUMBERL ABOUT ISLAM



Source link

SebelumnyaPenyebab Kalbu Kacau Balau Sesudahnya22 Nasihat Islami seputar Jin dan Sihir

Berita Lainnya

0 Komentar