6 Tanda Tubuhmu Kelebihan Natrium
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

6 Tanda Tubuhmu Kelebihan Natrium

Terbit 9 January 2021 | Oleh : Admin | Kategori : bahaya kelebihan natrium / ciri kelebihan natrium / dehidrasi / Hadits / Kesehatan


NATRIUM merupakan nutrisi penting untuk fungsi otot dan keseimbangan cairan. Namun, bila kebanyakan mengonsumsi natrium, maka dapat memiliki beberapa konsekuensi negatif.

Natrium secara alami ada di beberapa makanan sehat seperti ayam, produk susu, udang, daging olahan dan garam meja. Meskipun saat ini tidak ada batasan jumlah natrium yang diperbolehkan dalam makanan, pedoman diet negara kita saat ini mendorong kita untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 mg per hari.

BACA JUGA: Makanan yang Diharamkan dalam Islam

Sayangnya karena banyak makanan olahan tanpa batasan kandungan natrium, kita mengonsumsi hampir 3.400 mg per hari. Hal ini membuat kita berisiko terkena penyakit jantung, ginjal, osteoporosis, dan bahkan kanker. Berikut enam tanda kamu terlalu banyak asupan Natrium:

Selalu haus

Jika kamu mengonsumsi banyak natrium, tubuhmu akan memberi sinyal bahwa ia membutuhkan lebih banyak air untuk membantu menyeimbangkan semuanya.

Artinya, kamu akan merasa haus. Kamu merasa tidak bisa memuaskan dahaga, apalagi setelah seharian berada di bawah sinar matahari atau berolahraga. Hal ini bisa menjadi masalah jika sensasi ini terus berlanjut.

Hipernatremia terjadi ketika ada kelebihan natrium di dalam darah. Ini disebabkan karena tidak minum cukup air secara teratur, yang membuat kamu dehidrasi.

Punya tekanan darah tinggi

Sebagian besar dari kita tahu bahwa asupan natrium yang berlebihan terkait dengan tekanan darah tinggi, dan mungkin perlu diperhatikan jika kamu memiliki tingkat tekanan darah yang tinggi.

Natrium bertindak seperti magnet untuk air di tubuh kita dan dapat menarik kelebihan cairan ke aliran darah kita jika ada ketidakseimbangan, melansir dari rallyhealth.

Hal ini dapat merusak lapisan pembuluh darah kita dari waktu ke waktu, yang menciptakan pembekuan darah dan membuat kita berisiko terkena stroke atau serangan jantung.

Makanan yang tinggi natrium juga sering kali tinggi lemak jenuhnya, dan keduanya membuat kamu berisiko mengalami penurunan kesehatan jantung.

Selalu merasa kembung

Karena natrium memainkan peran penting dalam keseimbangan cairan, terlalu banyak natrium dapat menyebabkan tubuhmu menahan air.

Sebuah penelitian  baru-baru ini dari Johns Hopkins University menemukan bahwa diet tinggi sodium (mengonsumsi lebih dari 2.300 mg per hari) meningkatkan kembung sebesar 27% dibandingkan dengan diet rendah sodium seperti DASH Diet.

Tidak bisa terlihat “biasa”

Karena kembung jadi sering muncul sembelit, dan makan terlalu banyak garam tentunya bisa menjadi biang keladinya.

Saat kamu makan terlalu banyak garam, kandungan air di usus dan feses kita akan berpindah ke bagian tubuh lain untuk mencapai keseimbangan cairan.

Mengisi makanan berserat tinggi yang menghidrasi seperti semangka, kacang-kacangan, dan apel membantu memulihkan ketidakseimbangan air tubuh dan membuat semuanya bergerak.

Sering sakit kepala

Masalah ketidakseimbangan cairan ini benar-benar dapat merusak kualitas hidupmu. Dehidrasi adalah tanda utama sakit kepala, dan bahkan jika kamu merasa sudah minum cukup air, asupan natrium bisa membuat keseimbangan cairan rusak.

Penelitian dari Johns Hopkins (bekerja sama dengan Universitas Oxford dan Universitas Sydney) menemukan pengurangan asupan natrium tidak lebih dari 2.300 mg per hari, dan meningkatkan asupan buah, sayuran, dan produk susu rendah lemak, dapat secara signifikan mengurangi frekuensi sakit kepala seseorang.

Dehidrasi adalah penyebab utama sakit kepala, dan bahkan jika kamu merasa sudah minum cukup air, asupan natrium bisa membuat keseimbangan cairan rusak.

BACA JUGA: 6 Jenis Makanan Ini Bikin Timbulnya Jerawat

Sering mengalami sakit perut

Sebuah penelitian  tahun 2017 dari University of Arkansas menemukan hubungan antara mengikuti diet tinggi garam dan radang perut, yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker perut.

Penelitian ini juga mendukung gagasan bahwa kelebihan asupan garam dapat menyebabkan sakit maag dan menempatkan seseorang pada risiko kanker perut.

Jika kamu mengalami gejala-gejala ini secara teratur, kamu sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Ingat selalu untuk menjaga asupan natrium pada tingkat yang sehat sambil tetap menikmati makananmu. []

SUMBER: INTISARI



Source link

SebelumnyaIstri yang Durhaka SesudahnyaTahanan Palestina Dibebaskan dari Penjara Israel setelah 18 Tahun

Berita Lainnya

0 Komentar