5 Tips Memilih Teman dari Sayyidina Husein
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

5 Tips Memilih Teman dari Sayyidina Husein

Terbit 13 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : cara memilih teman / Hadits / Syi'ar / teman / tips memilih teman


DALAM memilih teman kita harus berhati-hati. Karena bisa jadi, sifat teman kita akan mewarnai sifat kita. Jika teman kita bersifat baik, tentu kita bisa terbawa menjadi baik. Namun lain hal jika mereka bersifat buruk. Maka sulit bagi kita menghindari keburukan jika dalam keseharian ditemani dengan teman yang bervibrasi negatif.

Sebuah riwayat menjelaskan mengenai wasiat Sayyidina Husein bin Ali kepada anaknya bahwa ia harus memperhatikan lima macam manusia ini dan jangan sekali-kali berteman atau bepergian dengan 5 orang ini.

Berikut ini adalah lima macam teman yang harus dihindari:

Orang yang kikir (bakhil)

Mungkin banyak orang yang lebih suka berteman dengan orang yang berharta karena mereka menganggap bahwa saat mereka memerlukan bantuan temannya akan membantunya. Padahal, ada beberapa orang kaya yang memiliki sikap kikir.

BACA JUGA: Teman Satu Tujuan

Ia enggan untuk mengeluarkan hartanya untuk membantu saudara, teman, apalagi untuk sedekah. Meskipun hartanya sangatlah banyak tidak lantas membuatnya ingin berbagi. Bahkan, kita bisa terjerumuskan dengan harta yang dimilikinya itu, seperti ia meminta kita melakukan perbuatan dosa barulah ia akan meminjamkan uangnya pada kita.

Fasiq (ahli maksiat)

Seseorang yang sering melakukan maksiat maka ia akan dengan mudah memengaruhi orang-orang di sekitarnya untuk berbuat maksiat juga. Banyak hal yang bisa dilakukannya agar kita ikut dengannya, seperti memberikan sogokan. Awalnya, ia hanya menunjukkan perbuatan maksiat itu, dan kemudian mengiming-imingi kita dengan kenikmatan sesaat. Apabila keimaman kita tidak kuat maka kita akan terjerumus dengan mudah.

Pembohong

Berteman dengan seorang pembohong sangatlah berbahaya, bahkan dikatakan ia adalah fatamorgana. Ia bisa mendekatkan yang jauh dari kita dan menjauhkan yang dekat dari kita. Mereka sangat pandai dalam berbohong sehingga kita sulit untuk mengetahui kebenaran yang ada.

Jika kita sudah menaruh kepercayaan pada teman pembohong itu maka kebenaran sudah tertutup dari mata kita. Dengan mudah kita bisa terjerumus dalam lembah kemaksiatan dan menganggap kebohongan menjadi kebenaran.

Orang yang memutus silaturahmi

Dalam Islam kita diajarkan untuk selalu memperbanyak silaturahmi kepada siapa saja karena banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika memiliki tali silaturahmi yang banyak dan kuat. Namun, jika teman kita merupakan orang yang memutuskan silaturahmi maka jauhilah dia.

BACA JUGA: Ini Dia 10 Golongan yang Termasuk Teman Iblis

Apapun masalah yang sedang terjadi, tidak benar jika kita memutuskan silaturahmi karena Allah membenci perbuatan itu. Ada baiknya jika kita menyelesaikan masalah dengan baik-baik sehingga tidak memutus hubungan antarsesama muslim.

Orang dungu

Orang dungu yang tidak sadar atas kedunguannya itulah yang akan memberikan efek negatif dalam hidup kita. Biasanya, orang dungu seperti ini, mereka ingin memberikan banyak manfaat bagi kita tapi mereka justru menyusahkan.

Mereka menganggap dirinya tahu atau bisa melakukan sesuatu padahal tidak. Jika kita memiliki teman yang seperti ini dan percaya padanya, maka hidup kita akan kacau sendiri karena telah percaya pada orang yang tidak memiliki kemampuan. []



Source link

SebelumnyaKeajaiban yang Terjadi Setelah Turunnya Nabi Isa di Akhir Zaman – Islampos Sesudahnya5 Fakta Air Bagi Kesehatan yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Berita Lainnya

0 Komentar