4 Hal ini Harus Dilakukan Ibu Hamil
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

4 Hal ini Harus Dilakukan Ibu Hamil

Terbit 7 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Dunia Wanita / Hadits / ibu hamil / yang harus dilakukan ibu hamil


SEORANG ibu yang sedang hamil tentunya menginginkan anaknya kelak menjadi anak yang hebat dan cerdas. Anak yang senantiasa menurut pada orang tuanya sekaligus cerdas tidak serta merta lahir begitu saja menjadi anak cerdas.

Namun ada serangkaian proses atau yang sering disebut sunnatullah yang mengiringinya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar anak yang sedang kita kandung tumbuh menjadi anak yang kita idam-idamkan.

Apa saja hal yang harus kita lakukan?

BACA JUGA: Amankah Minum Jus Jeruk Nipis Selama Kehamilan?

Aktiflah Berolahraga

Penelitian yang dilakukan oleh James F. Clapp, MD dari Case Western University di Cleveland, Amerika, membandingkan anak-anak dari ibu hamil yang berolahraga dengan ibu hamil yang tidak pernah berolahraga.

Penelitian secara berkesinambungan ini menunjukkan, setelah usia 5 tahun, anak-anak yang ibunya rajin berolahraga memiliki skor inteligensia yang lebih tinggi dalam tes inteligensia secara umum maupun dalam keterampilan berbahasa.

Bisa jadi, aliran darah yang lancar selama ia berolahraga menghantar aliran oksigen yang lancar pula bagi si kecil. Perkembangan janin pun terpacu pesat.

Sering Mengajak si Kecil Bicara

Rangsangan untuk memperdengarkan bunyi-bunyian bagi janin bukannya tanpa dasar. Bahkan, penelitian menunjukkan, janin sudah bisa mendengar pada usia 6 bulan.

Penelitian Frances P. Glascoe, Ph.D, pengajar di Vanderbilt University, Berlin Timur, Jerman mengatakan “Janin, bayi, maupun balita yang dibesarkan dalam lingkungan yang membiasakannya untuk berbicara dengan baik, mendengar, dan membaca, cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi dan lebih maju di sekolah”.

Orang Tua Harus Sering Membaca Al-Qur’an

Setiap suara atau sumber bunyi memiliki frekuensi dan panjang gelombang tertentu. Nah, ternyata, bacaan Al-Qur’an yang dibaca dengan tartil yang bagus dan sesuai dengan tajwid memiliki frekuensi dan panjang gelombang yang mampu mempengaruhi otak secara positif dan mengembalikan keseimbangan dalam tubuh.

Bacaan Al-Qur’an memiliki efek yang sangat baik untuk tubuh, seperti; memberikan efek menenangkan, meningkatkan kreativitas, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuan konsentrasi, menyembuhkan berbagai penyakit, menciptakan suasana damai dan meredakan ketegangan saraf otak, meredakan kegelisahan, mengatasi rasa takut, memperkuat kepribadian, meningkatkan kemampuan berbahasa, dan sebagainya.

Jaga Kesehatan Selama Hamil Bisa Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Hal penting yang dapat dilakukan para ibu agar bayinya sehat, termasuk otak dan psikisnya sehat, adalah menjaga kesehatan seoptimal mungkin,” kata Lisa Elliot, Ph.D, Asisten Profesor pada Bagian Saraf di The Chicago Medical School, Amerika.

BACA JUGA: Ibu Hamil, Perlu Ketahui Fakta Timun dan Toge Mentah

Bagaimana caranya? Yaitu dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang secara lengkap akan membantu perkembangan saraf otak. Kemudian memperhatikan pertambahan berat badan selama hamil/

Bagaimanapun, pertambahan berat badan selama hamil ada pengaruhnya terhadap janin, termasuk juga tinggi rendahnya IQ.

Itulah 4 hal yang dapat merangsang pertumbuhan bayi yang ada dalam kandungan agar kelak ia lahir dan tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. []

SUMBER: JDKB | SCRFIFUNM



Source link

SebelumnyaAtasi Masalah Penuaan dengan Puasa SesudahnyaRidha, Sikap Terbaik Menghadapi Masalah

Berita Lainnya

0 Komentar