3 Cara Atasi Lelah saat Berpuasa
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

3 Cara Atasi Lelah saat Berpuasa

Terbit 15 February 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / Kesehatan Ramadhan / lelah saat puasa / puasa / puasa ramadhan / Ramadhan


KHAWATIR aktivitas Anda menurun saat berpuasa? Walaupun belum bulan Ramadhan, tapi diantara kita bisa jadi ada yang sedang berpuasa sunnah di hari Senin dan Kamis ada juga diantara kita juga yang sedang berpuasa mengqodo ataupun yang lainnya.

Biasanya kita dihantui karena rasa ketakutan untuk hari-hari puasa sunnah ataupun yang lain dan biasanya kita sering dihantui rasa malas dan lemah saat berpuasa. Kini ada tiga langkah berikut ini yang akan membuat Anda tetap bugar.

BACA JUGA: Ini Mengapa Manusia Butuh Puasa!

Ganti Waktu Tidur

Tidak adanya asupan makanan dan minuman di siang hari dan bangun dini hari untuk sahur bisa membuat tubuh melemah dan menimbulkan kantuk selama berpuasa.

Tidur sejenak setelah dhuha atau di siang hari akan me-re-charge tubuh dan menggantikan waktu tidur yang hilang saat sahur. Tapi jangan tidur terlalu lama karena akan membuat tubuh anda menjadi lemas.

Tetap beraktifitas

Berpuasa bukan alasan untuk mengurangi aktivitas secara drastis. Tidak melakukan sesuatu seharian justru membuat berpuasa makin berat. Tetap lakukan hal rutin, kurangi aktivitas berat secara bertahap.

Jika Anda biasa berolahraga, lakukan olahraga ringan dengan durasi singkat beberapa jam sebelum waktu berbuka.

BACA JUGA: Seperti Apa Puasa Pra-Islam?

Cukupkan nutrisi

Asupan nutrisi dan vitamin yang cukup saat berpuasa akan menjaga tubuh tetap segar dan sehat. Bukan sekedar vitamin, kalsium merupakan nutrisi penting yang harus diperhatikan selama berpuasa.

Kekurangan kalsium akan menyebabkan kelelahan dan penurunan imunitas. Kebutuhan kalsium untuk usia 19-50 tahun adalah 1000 miligram per hari.

Tips ini insya Allah dapat membantu Anda dalam aktivitas sehari-hari. []

Sumber: Majalah Ummi cetakan tahun 2011



Source link

SebelumnyaKeseimbangan Hidup SesudahnyaBerdosakah Orang yang Telah Mimpi Basah?

Berita Lainnya

0 Komentar