10 Cara Sederhana Perbaiki Menu
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

10 Cara Sederhana Perbaiki Menu

Terbit 5 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / Kesehatan / makan / minum cukup


SETIAP makhluk yang bernyawa tentu membutuhkan makan. Tanpa makan, seseorang akan merasa lemas, dan tak bergairah dalam menjalani aktivitas tak terkecuali beribadah. Maka, tubuh perlu diberi asupan gizi yang baik, agar mampu melakukan aktivitas dengan baik pula.

Tak hanya itu, Islam juga mengajarkan umatnya untuk makan makanan yang baik agar kesehatan terjaga. Nah berikut 10 cara sederhana memperbaiki menu, agar tubuh sehat:

Selalu sarapan

Sarapan pagi yang cukup akan membangkitkan semangat dan gairah kita selama mengerjakan berbagai tugas sepanjang hari. Tidak makan pagi menjadi awal munculnya kebiasaan mengonsumsi banyak makanan kecil.

BACA JUGA: Adab Sebelum Makan dalam Islam

Minum cukup

Tubuh kita 70% adalah air. Oleh sebab itu, kita perlu banyak minum, terutama saat cuaca panas atau ketika sedang kegerahan. Biasakan diri selalu membawa botol air minum. Dengan cara ini, kita bisa minum lebih banyak.

Hati-hati lemak

Diet tanpa lemak sama sekali bukanlah hal yang menyehatkan. Jadi, tidak baik menghapus lemak secara total dari diet kita. Ada jenis lemak-lemak tertentu yang lebih cocok bagi kita daripada bagi orang lain. Cermati makan-makanan yang kita makan.

Satu buah saja, tidak boleh lebih

Mengurangi gula-gula bisa membantu kita mengendalikan berat badan. Kurangilah perlahan, walau kita mungkin tidak menyadari perbedaannya.

Jangan berpikir pendek

Bila kita memutuskan tidak makan jenis makanan tertentu, pastikan tubuh mendapatkan semua yang dibutuhkan dari diet kita.

Mengonsumsi serat secukupnya

Banyak makanan hasil pengolahan kurang mengandung serat. Bila waktu mendesak kita untuk menyediakan stok makanan secukupnya, usahakan agar menyimpan makanan-makanan ringan yang mengandung serat tinggi.

Sedikit dan sering

Kita harus makan saat merasa lapar, jangan hanya makan saat tiba jam makan siang. Banyak orang lebih suka makan beberapa kali dengan porsi yang kecil daripada mengikuti kebiasaan umum makan tiga kali sehari. Apakah ini cocok dengan gaya hidup kita?

Makanan mentah

Buah-buahan, sayuran mentah dan kacang-kacangan bisa menjadi makanan ringan yang sangat menyenangkan. Makanan-makanan ini lebih menyenangkan daripada biskuit dan biasanya juga tidak begitu mahal.

BACA JUGA: Makan Tak Kenyang-kenyang, Hati-hati Bisa Jadi karena Setan Ikut Makan

Hindari alkohol

Minum minuman beralkohol bisa merusak kesehatan terutama pikiran, karena itu tidak salah jika Islam mengharamkan minuman beralkohol.

Hindari tren diet

Setiap beberapa bulan, selalu muncul tren diet baru. Jangan terlalu terpengaruh dengan tren-tren tersebut. Coba berpedoman pada suara hati dan akal sehat kita sendiri. []

SUMBER: CARA HIDUP KITA



Source link

SebelumnyaKhutbah Jumat – Upaya Musuh Menjauhkan Islam dari Kaum Muslimin Sesudahnya2 Sifat Setan yang Mendekam di Hati Manusia – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar